Rekrutmen PPL Tanpa Tes Tulis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rekrutmen PPL Tanpa Tes Tulis

Rekrutmen PPL Tanpa Tes Tulis

Written By Admin Raka on Sabtu, 30 Desember 2017 | 13.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Purwakarta, melalui panwaslu tingkat kecamatan mulai merekrut calon anggota Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) tingkat desa.
Jumlah calon PPL yang direkrut sama dengan jumlah desa atau kelurahan di Purwakarta yakni 192 orang. Nantinya, akan bekerja melakukan tugas pengawasan pemilu di tingkat desa hingga 6 bulan kedepan. "Iya sekarang mulai direkrut. Maksimal tanggal 17 Januari 2018 semua sudah dilantik," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta, Oyang Este S.Fil.I, Jumat (29/12).
Oyang menjelaskan, untuk persyaratannya, para peserta yang mendaftar minimal usia 25 tahun, berijazah SMA sehat jasmani dan rohani. Bukan anggota parpol, serta bebas dari penggunaan narkoba dan tidak pernah dipidana penjara dengan hukuman maksimal lima tahun. "Dan harus orang desa atau kelurahan setempat," katanya.
Meski kuota PPL hanya satu orang satu desa atau kelurahan, namun jumlah pendaftar minimal harus tiga orang. Bahkan jika kurang, pendaftaran akan diperpanjang. Selanjutnya mereka akan diseleksi dari sisi administrasi. Lalu diteruskan ke tahap wawancara. Mereka yang lulus akan ditetapkan dan dilantik oleh panwas kecamatan masing-masing. "Berbeda dengan rekrutmen panwascam, untuk PPL tidak ada tes tulis. Langsung wawancara," ujarnya.
Dan tugas pertama PPL, tambah Oyang ialah melakukan pengawasan tahap Pemutakhiran Data Pemilih oleh KPU melalui PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) di masing-masing desa mulai 20 Januari 2018. Adanya PPL diharapkan mampu mengawal secara maksimal tahapan tersebut. Sehingga kualitas DPT tahun ini bisa jauh lebih baik dibanding DPT musim musim sebelumnya. "Adanya PPL juga makin menambah luas dan kuat energi pengawasannya. Kami berkomitmen untuk memastikan seluruh tahapan Pilkada 2018 maupun Pileg dan Pilpres 2019 berjalan sesuai peraturan perundangan," pungkasnya (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template