Realisasi Dana Desa Dipantau Camat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Realisasi Dana Desa Dipantau Camat

Realisasi Dana Desa Dipantau Camat

Written By Admin Raka on Rabu, 20 Desember 2017 | 15.30.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Camat Telukjambe Barat H. Maman Suryaman, Selasa (19/12), turun tangan langsung melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan anggaran desa yang dilakukan aparaturnya. Malah, rencananya kegiatan seperti itu akan dilakukan secara rutin melalui laporan pemerintahan desa. Sehingga ke depannya pengelolaan keuangan desa, semuanya bisa teralokasi secara optimal dan tepat sasaran.
"Pemeriksaan akan kami lakukan secara intensif dan berkesinambungan, selain penekanan juga wawancara saya lakukan untuk mempertanggungjawabkan semuanya guna mendapatkan hasil laporan yang tepat, jelas, berdaya guna juga mampu dipertanggungjawaban," tegas Camat Telukjambe Barat H. Maman Suryaman.
Dikatakan camat semua penerimaan dan pengeluaran desa dalam rangka pelaksanaan kewenangan desa dilaksanakan melalui rekening kas desa. Keuangan desa adalah semua hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dengan uang serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban Desa. "Pengelolaan keuangan desa, secara keseluruhan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa," ucap camat.
Camat Maman  juga menambahkan, pengelolaan keuangan desa dan program-program yang dicanangkan pemerintah desa keseluruhan tetap mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) karena merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa untuk jangka waktu satu tahun. "Semua program pembangunan desa tidak boleh menyimpang dari RKPDesa karena merupakan acuan pembangunan," ucapnya.
Secara terpisah Sekretaris Desa Wanakerta, Hapipudin mengatakan pelaporan keuangan saat ini memasuki babak akhir tahun 2017. Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) merupakan rencana keuangan tahunan pemerintahan desa. "Proses pelaksanaan dimulai dari pelaksanaan kegiatan dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sampai dengan diterimanya bukti pembayaran dari penyedia barang atau jasa, sehingga dapat dibukukan oleh bendahara desa dan nantinya dilaporkan juga dipertanggungjawabkan, seperti yang sekarang tengah berjalan pemeriksaan internal oleh Pemerintah Kecamatan Telukjambe Barat, sebelum pemeriksaan Badan Inspektorat," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template