Puskesmas Rakor Siap Lawan DBD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puskesmas Rakor Siap Lawan DBD

Puskesmas Rakor Siap Lawan DBD

Written By Angga Praditya on Kamis, 21 Desember 2017 | 18.00.00

PANGKALAN, RAKA - Meski belum ada laporan warga terserang Demam Berdarah Dengue (DBD) namun antisipasi tetap perlu dilakukan. Terlebih kecenderungan penyakit ini menyebar justru ketika memasuki musim hujan. Selain DBD tiga penyakit yang juga mengancam diantaranya penyakit diare, flu dan inpeksi saluran pernapasan akut (Ispa).
Terkait itu, Unit Pelayanan TeKnis Daerah (UPTD) Puskesmas Pangkalan menghimbau agar warga tetap waspada terhadap penyakit di musim hujan. Kondisi cuaca bersuhu dingin, membuat seseorang rentan terserang penyakit. "Penyakit flu, diaere dan demam berdarah biasanya menyebar disaat musim hujan. Karena itu warga harus waspada terutama untuk menjada stamina tubuh dan kebersihan lingkungan," ucap Kepala Puskesmas Pangkalan Hj. Wiwin. SKM. M. Kes. kepada  Radar Karawang Rabu (20/12).
Wiwin mengatakan itu disela-sela rapat kordinasi (Rakor) dengan muspika kecamatan Pangkalan. Melalui rapat itu dia meminta masyarakat menggalakkan kembali gotong royong, membersihkan saluran air yang terdapat tumpukan sampah. Bukan itu saja masyarakat juga harus rajin membersihkan lingkungan sekitar, karena sumber penyakit terjadi karena lingkungan yang kotor.
"Memasuki musim hujan ini masyarakat agar tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Melalui prilaku hidup sehat diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan lingkungan dan keluarga. Sehingga masyarakat mengetahui untuk menjadi sehat itu apa yang mesti dilakukan," terang Wiwin. Dia juga berharap melalui pengetahuan kesehatan itu nantinya bisa memicu warga untuk berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.
Senada itu, Camat Pangkalan Usep Supriatna. Msc. menegaskan PHBS jumlahnya banyak sekali, bisa mencapai ratusan. Misalnya tentang gizi, makan beraneka ragam makanan, minum tablet tambah darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita kapsul vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan. Setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan.
"Manfaat PHBS sangat banyak tetapi intinya bagaimana membuat anggota keluarga tetap sehat dan tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas, anggota keluarga giat bekerja. Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga. Yang terpenting masyarakat harus berprilaku bersih dan sehat, jaga pola makan, olah raga teratur dan istirahat yang cukup," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template