Puskesmas Kerahkan Bidan Basmi Sarang Nyamuk DBD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puskesmas Kerahkan Bidan Basmi Sarang Nyamuk DBD

Puskesmas Kerahkan Bidan Basmi Sarang Nyamuk DBD

Written By Angga Praditya on Selasa, 05 Desember 2017 | 18.30.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Setiap tahun, kejadian penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia cenderung meningkat pada musim penghujan. Untuk mengantisipasi itu, kemarin (4/12) Puskesmas Telukjambe Barat mengerahkan puluhan bidan, perawat dan kader jemantik melakukan pemberantasan sarang nyamum (PSN) di Kampung Pangasinan Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat.
Kegiatan yang juga dihadiri Bhabinkamtibmas dan Pembina Desa Karangligar juga melibatkan  masyarakat sekitar. Kampung Pangasinan yang menjadi langganan banjir tahunan, dikhawatirkan menjadi wilayah epidemi penyebaran demam berdarah, sehingga antisipasi itu perlu dilakukan Unit Pelayanan Tehnis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Telukjambe Barat. "Kegiatan PSN ini mendapat sambutan antusias warga sekitar," ucap Kepala Puskesmas Telukjambe Barat, Guruh Sapta. SKM.
Dalam penanganan DBD, lanjut dia, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3 M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan. Program PSN, yaitu Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es. Kedua dengan caras menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya serta tiga Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.
Di tempat terpisah, aparatur desa Karangligar, Waja (41), yang juga ketua RT 13/09 menyampaikan, kegiatan PSN di masyarakat pun perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD. Sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template