Puskesmas Ciampel Siaga Difteri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puskesmas Ciampel Siaga Difteri

Puskesmas Ciampel Siaga Difteri

Written By Admin Raka on Kamis, 21 Desember 2017 | 13.00.00

235 Kader Posyandu Dikerahkan

CIAMPEL, RAKA - Sebanyak 47 Posyandu yang dibantu oleh 235 kader posyandu yang ada di wilayah Kecamatan Ciampel diminta untuk dapat menginformasikan bahaya penyakit difteri yang sudah mulai masuk di Karawang. Pasalnya sampai saat ini di Ciampel belum bisa dilakukan imunisasai karena belum tersedianya vaksin imunisasi penyakit tersebut.
Kepala Puskesmas Ciampel, Asep Sunarya SKM mengatakan, meski wabah penyakit tersebut belum masuk ke wilayah Ciampel, namun tetap saja sejumah petugas kesehatan harus  lebih giat lagi dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya untuk memberikan informasi tentang bahaya penyakit difteri. "Alhamdulilah untuk di wilayah Ciampel belum ada yang terinfeksi," akunya.
Dia meminta agar Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang bisa segera melakukan imunisasi secepatnya. Meski belum bisa dilakukan secara serentak di setiap puskesmas karena keterbatas pengadaan logistik seperti vaksin, dirinya meminta imunisasi bisa berjalan di setiap puskesmas. "Disini kita masih terbatas oleh logistik untuk vaksin imunisasi difteri saja belum ada," akunya.
Untuki saat ini, dirinya hanya meminta kepada masyarakat untuk rutin melaksanakan pengecakan kesehatan ke puskesmas, serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan masyarakat secara teratur. Jangan sampai kata dia, wabah penyakit yang termasuk dalam Kejadian Luar Biasa (KLB) bisa merambat ke massyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Ciampel. "Sementara kita hanya meminta masyarakat untuk rutin cek kesehatan aja sama menjaga lingkungan kebersihan," ungkapnya.
Dia juga menjelaskan, sebanyak 235 kader posyandu kesehatan yang ada di wilayah Kecamatan Ciampel agar bisa segera melakukan sosialisasi tentang bahaya penyakit yang sedang ramai tersebut setelah mengikuti sosialisasi di puskesmas. "Agar informasinya lebih cepat kita tugaskan juga kepada semua kader untuk bisa menyampaikannya ke masyarakat secara langsung," tuturnya.
Sementara Camat Ciampel, Agus Sugino juga mengaku merasa takut bahwa penyakit yang berbahaya tersebut bisa menyerang masyarakat yang tengah dipimpinya itu. Karena diketahui sendiri kata dia, sudah banyak korban yang terkena infeksi penyakit difteri di Karawang. "Saya ikut sosilaisasinya saja jadi takut, itu juga baru denger bahayanya, semoga tidak ada warga kita yang terinfeksi," harapnya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template