Purwakarta Masih Butuh UPTD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Purwakarta Masih Butuh UPTD

Purwakarta Masih Butuh UPTD

Written By Mang Raka on Rabu, 13 Desember 2017 | 11.02.00

PURWAKARTA,RAKA - Seiring dengan adanya pemberlakuan Permendagri Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan Unit Pelaksana Teknis Daerah, Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengusulkan agar instansi unit pelaksana teknis dinas (UPTD) di setiap dinas dan badan yang ada di lingkungan Pemkab Purwakarta tidak dihapus.
"Kami sudah membuat kajian teknis terhadap dinas dan badan yang memiliki UPTD. Hasil kajian akademisnya kami usulkan agar tidak menghapus UPTD di semua dinas dan badan dengan banyak pertimbangan," ujar Rahmat Heryansyah, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Pemkab Purwakarta di kantornya, Jalan Gandanegara, belum lama ini.
Diketahui, dinas yang memiliki UPTD yakni Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan. "Total dinas atau badan yang ada UPTD-nya ada 53 UPTD. Tersebar ?di seluruh Purwakarta, sebagai pelaksana teknis dinas," terangnya.
Menurut Rahmat, berlakunya permendagri tersebut mengharuskan setiap dinas membuat kajian ilmiah tentang pentingnya UPTD di dinas masing-masing. Hasil kajian yang dilakukan setiap dinas dan badan menyebutkan semua UPTD masih dibutuhkan. "Kajian yang dibuat menyebutkan bahwa semuanya masih membutuhkan UPTD karena mayoritas UPTD bersingunhgan langsung dengan pelayanan," ujar dia.
Semua dinas di Purwakarta akan diundang ke Gedung Sate untuk membahas perlu atau tidaknya penghapusan UPTD. "Termasuk akan diarahkan kemana para pegawainya. Nanti Jumat kami diundang ke Gedung Sate untuk bahas ini," ujarnya.
Sementara Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto mengatakan, kajian teknis yang disusun oleh pihaknya merekomendasikan agar UPTD pendidikan tidak dihapus. "Karena UPTD pendidikan berkaitan langsung dengan pelayanan pendidikan di tiap daerah. Baik pelayanan administrasi sekolah maupun orang tua siswa," ujar Purwanto kepada awak media.
Ia mencontohkan, saat ini di Purwakarta terdapat daerah-daerah yang cukup jauh, salah satunya di Kecamatan Maniis dan Sukasari yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur. Lalu Kecamatan Kiarapedes dan Pondok Salam yang berbatasan dengan Kabupaten Subang. "Kalau dihapuskan, bisa dibayangkan sulitnya pelayanan langsung bidang pendidikan. Makanya kami rekomendasikan untuk tidak dihapus karena posisinya penting," ujar Purwanto.
Dihubungi terpisah, Kepala UPTD Maniis Kecamatan Maniis, Suhaeli sudah dikabari rencana penghapusan tersebut. Hanya saja, belum ada kabar lebih lanjut. Menurutnya, peran UPTD sangat penting di daerah yang cukup jauh dari pusat pemerintahan. "Bisa dibayangkan Maniis itu ada yang sekolahnya di pinggiran Bendungan Ir H Juanda dan Cirata. Jika UPTD dihapuskan, kasihan guru-guru yang perlu pelayanan administrasi," ujar Suhaeli. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template