Prestasi Siswa Dipengaruhi Minat Belajar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Prestasi Siswa Dipengaruhi Minat Belajar

Prestasi Siswa Dipengaruhi Minat Belajar

Written By Admin Raka on Senin, 25 Desember 2017 | 15.00.00

KARAWANG, RAKA - Minat menjadi motor penggerak untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Tanpa disertai minat, tujuan belajar tidak akan tercapai. Jika kegiatan yang dilakukan tidak sesuai dengan minat akan menghasilkan prestasi yang kurang bagus.
Hal itu diungkapkan Pemerhati Sosial dan Pendidikan Maera Angryani, beberapa waktu lalu, melalui surat elektroniknya. "Tidak sedikit siswa yang tidak dapat sepenuhnya memahami setiap materi yang disampaikan guru akibat kurangnya minat belajar. Akibatnya banyak siswa yang mengalami kegagalan bahkan mendapatkan prestasi yang rendah di sekolah," ucapnya.
Minat dapat dikatakan sebagai keingingan atau kemauan yang merupakan dorongan seseorang untuk melakukan suatu aktivitas tanpa adanya paksaan dari luar. Sedangkan minat belajar adalah perhatian, rasa suka, ketertarikan seseorang atau siswa terhadap aktivitas belajar yang ditunjukkan melalui keantusiasan, partisipasi, dan keaktifan dalam belajar serta menyadari pentingnya kegiatan tersebut.
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa, diantaranya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang dapat mempengaruhi minat belajar meliputi aspek jasmani dan psikologis. Dalam aspek jasmaniah, kondisi fisik yang prima sangat mendukung keberhasilan belajar, namun apabila terjadi gangguan kesehatan pada fisik maka dapat menyebabkan berkurangnya minat belajar. Dalam aspek psikologis, perhatian juga berpengaruh terhadap minat belajar. Perhatian merupakan pemusatan terhadap suatu objek yang dituju. Tanpa adanya perhatian dalam aktivitas belajar, maka akan berdampak terhadap kurangnya penguasaan materi pelajaran, sehingga hasil yang dicapai dalam belajar kurang memuaskan.
Kurangnya perhatian terhadap materi yang dipelajari juga mengakibatkan kurangnya minat belajar pada diri seseorang. Adapun faktor eksternal yang dapat mempengaruhi minat belajar meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat. Keluarga memiliki peranan besar dalam menciptakan minat balajar bagi siswa karena keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama bagi anak. Orang tua harus terus mengetahui perkembangan belajar anak. Suasana rumah juga harus dapat mendukung anak dalam belajar. Kerapian dan ketenangan didalam rumah perlu dijaga. Hal tersebut bertujuan agar anak merasa nyaman dan mudah membentuk konsentrasinya terhadap materi yang dihadapinya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template