Peternak Ayam Broiler Panen Dini - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Peternak Ayam Broiler Panen Dini

Peternak Ayam Broiler Panen Dini

Written By Admin Raka on Kamis, 14 Desember 2017 | 14.30.00

DARANGDAN,RAKA- Musim hujan masih berlangsung, tak hanya membuat petani sedikit gelisah akan mengalami kerusakan tanaman, namun para pengusaha ayam broiler pun ikut diresahkan.
Salah seorang peternak ayam broiler Fauzan mengatakan, musim hujan saat ini mengancam kesehatan ayam broiler. "Saat musim hujan, resiko kematian unggas cukup tinggi, sebab ayam jenis broiler banyak yang tak tahan dengan musim dingin," ungkapnya, kepada Radar Karawang, Rabu (13/12).
Dia juga mengatakan, untuk menghindari kerugian, para pengusaha pun kini mulai melakukan panen ayam broiler lebih cepat dari biasanya. "Saat ini peternak ayam broiler banyak memanen ayam di umur 3 minggu, sementara biasanya panen baru dilakukan diantara umur 30-35 hari dengan bobot hidup antara 1,5–2 Kg per ekor ayam," tutur Fauzan.
Dia juga menjelaskan, perubahan suhu yang cepat akan lebih terasa dampaknya untuk para unggas. "Apalagi sebelum hujan diiringi dulu dengan panas sinar matahari, ayam bisa gampang sakit dan rawan mati, kalau cuma 1-2 ekor mati tidak apa-apa. Cuman kalau 10-20 ekor mati setiap hari kita bisa rugi,” katanya.
Lebih lanjut Fauzan mengatakan, musim panen saat ini terisi kurang lebih 2 ribu ekor ayam. Sehingga itu, pihaknya berupaya untuk segera memanen agar terhindar dari kerugian. “Umur 3 minggu itu berat rata-rata 1 Kg lebih. Lumayan sudah berisi, kebetulan di kandang kami pakannya selalu terjamin, jadi cepat besar ayamnya,” ujarnya.
Ayam hasil panen saat ini, dijualnya dengan harga Rp 100 ribu per 4 ekor. “Rata-rata yang beli pedagang, kalau umur 3 minggu mungkin mereka jual lagi dengan harga Rp 100 ribu 3 ekor, jadi mereka untung 1 ekor,” pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template