Petani Putus Asa Hadapi Wereng - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Putus Asa Hadapi Wereng

Petani Putus Asa Hadapi Wereng

Written By Admin Raka on Kamis, 21 Desember 2017 | 19.30.00

Potong Habis Tanaman Padi

RAWAMERTA, RAKA- Akibat hama wereng menyerang dan merusak tanaman padi. Tak mau tanggung, masyarakat membrangusnya dengan cara menyemprot dan memotong habis tanaman padinya tersebut. Salah satunya, 800 are sawah yang dikelola Rasim (44) menguning sebelum waktunya dan berakibat gagal panen.
"Pusing saya, setelah hama wereng, sekalian saja di babat habis. Sebelumhya saya semprot pakai racun biar mati dulu hamanya, meskipun padinya juga mati kering," katanya, kepada Radar Karawang, saat dirinya beserta warga setempat membasmi hama dengan menggunakan semprotan dan membabatnya.
Sebelumnya, dirinya pun sudah mengetahui jika sebagian besar area pesawahan di wilayah utara di serang hama. Dirinya pun sudah berhati-hati dengan banyak memberikan perawatan yang lebih agar tanaman padi miliknya bisa terhindar dari hama. Namun, tetap saja membandel dan tsrus menghabiskan padi miliknya. Pasalnya, masih banyak area pwsawahan milik pstani lain yang terkena serangan hama wereng. Area pesawahan miliknya hanya sebagian kecil dari seluruh sawah se Kecamatan Rawamerta yang diserang hama. Untuk itu, agar biaa lwmbali tanam, ia berharap pihak pertanian bisa memberikan bantuan yang di butuhkan petani, terutama modal.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Karawang Hanafi Chaniago, meninjau langsung area pesawahan yang terkena virus WBC ke Desa Sekarwangi, Kecamatan Rawamerta yang mengalami gagal panen. Di wilayah ini, terdapat ratusan hektar atau 90 persen sawah terkena virus WBC. Dalam kunjungannya tersebut Hanafi berjanji akan mengajukan permohonan bantuan bibit kepada Kementrian Pertanian (Kementan). Sedangkan untuk permodalan, dirinya akan memfasilitasi para petani melaui pihak bank.
Menurutnya, setelah meninjau ke lapangan, dirinya langsung menghubungi pihak Kementan dan memohonkan bantuan benih untuk di alokasikan kepada para petani. "Alhamdulillah langsung direspon oleh pihak kementan, dan saat ini menunggu data dan jumlah total area sawah yang sudah terkena hama," ucapnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template