Peserta Diksar Sispala Burial Dilepas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Peserta Diksar Sispala Burial Dilepas

Peserta Diksar Sispala Burial Dilepas

Written By Angga Praditya on Kamis, 28 Desember 2017 | 17.30.00

KARAWANG, RAKA -  Perhimpunan Pendaki Gunung Burial (Budak Rimba Alam) yang berpangkal di SMKN 1 Karawang melaksanakan pendidikan dasar ke 13 pencinta alam. Kegiatan yang berlangsung lima hari itu terkonsentrasi di wilayah Gunung Sunda, Kabupaten Subang, Jawa barat.
Pendidikan Dasar adalah tahapan untuk calon anggota perhimpunan pendaki gunung Burial. Sebanyak 18 orang anggota mengikuti kegiatan tersebut. Pelepasan dibuka langsung Kepala sekolah SMKN 1 Karawang Agus Rukmawan. S.IP. MM, kemarin, disambut antusias anggota pendidikan latihan siswa pencinta alam Burial.
"Mereka nantinya akan digembleng bukan saja fisik dan kemampuan tetapi kemampuan bertahan hidup di hutan. Selain keterampilan menolong sesama yang tengah kesulitan ketika bencana terjadi," ucap Agus. Agus menambahkan seleksi anggota pendidikan latihan pencinta alam itu cukup selektif karena siswa yang ikut dalam keadaan sehat jasmani juga rohani.
Ditempat terpisah, Pembina Sispala Burial Iyan Sukhyar menjelaskan kegiatan yang berlangsung selama 5 hari di lingkungan gugusan Gunung Sunda, Kabupaten Subang, diharapkan bisa menjadi bentuk implementasi kegiatan siswa di lapangan. Menurut dia, Sispala pada hakikinya merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang membawa dampak bagi siswa agar lebih peduli. "Mereka akan mendapatkan pengetahuan lebih perihal bagaimana menentukan koordinat korban, baik kecelakaan dan musibah alam ataupun bagaimana cara penanganannya juga anggota pencarian dan penolong mampu bertahan di hutan belantara," paparnya.
Berbicara teknis pelaksanaan, Ketua Pelaksana Kegiatan Sispala Burial SMKN 1 Karawang M. Iqbal Nasrudin menjelaskan diklat SAR SMKN 1 Karawang ke 13 itu bertujuan melatih kemampuan teknik-teknik kegiatan alam bebas. Diakuinya kegiatan di alam bebas bisa banyak mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan. Selain tujuan Pendidikan dan pengenalan lapangan, kegiatan tersebut sendiri bisa menumbuhkan rasa korsa, tanggung jawab dan disiplin karena di kegiatan tersebut para siswa dituntut untuk hidup disiplin selama dalam kegiatan tersebut.
"Kegiatan yang dilakukan navigasi darat, survival, medical first respon, rock climbing, zoologist botani, dan SAR gunung hutan.Dan mereka dilatih jasmani dengan berjalan kaki dari titik kumpul selepas keberangkatan dari sekolah hingga lokasi," ucap Agus.
Bahkan, tambah Agus, pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung maksimal, sehingga pendidikan yang didapat akan menjadi bekal pada kegiatan nyata. "Harapan saya mudah-mudahan diksar ke 13 ini mampu menelurkan anggota Sispala Burial yang handal, sehingga bisa memberikan kontribusi dan energi positif bagi Kabupaten Karawang tercinta," ujarnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template