Peran Orang Tua Penting dalam Pendidikan Anak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Peran Orang Tua Penting dalam Pendidikan Anak

Peran Orang Tua Penting dalam Pendidikan Anak

Written By Angga Praditya on Minggu, 03 Desember 2017 | 17.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Untuk menciptakan kualitas pendidikan bisa diperoleh dari berbagai kegiatan. Seperti melakukan seminar misalnya, kegiatan inipun besar peranannya guna membentuk guru-guru bermutu sehingga proses belajar mengajar di sekolah pun menjadi berkualitas.
Hal itu yang dilakukan puluhan guru dan pengelola SDIT Tahfizh Quran Al-Jabar, baru-baru ini. Seminar pendidikan dan parenting ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan di Aula Rapat Rumah Makan Sindang Reret, Telukjambe Timur.  Kegiatan yang berlangsung satu hari itu, menghadirkan narasumber profesional di bidang pendidikan yaitu Mego Husodo, SE., S.Psi., M.Fc. "Pendidikan formal tidak berarti tanggung jawab pendidikan sepenuhnya ada ditangan atau pendidik, tetapi tanggung jawab semua stageholder terkait, terutama orang tua," ucapnya.
Menurut ia, Peranan orangtua sangat menentukan tingkat perkembangan anak dalam menempuh pendidikan. Pusat pendidikan yang pertama adalah lingkungan keluarga.  pendidikan di lingkungan keluarga sangat strategis untuk memberikan pendidikan ke arah kecerdasan, budi pekerti atau kepribadian serta persiapan hidup di masyarakat.
"Orang tua akan menjadi contoh bagi anak dan anak biasanya akan menirukan apa saja yang dilakukan orang tua. Jadi orang tua harus bisa memberikan keteladanan dan kebiasaan sehari-hari yang baik sehingga dapat dijadikan contoh bagi anaknya. Keteladanan dan kebiasaan yang baik itu, sebaiknya diberikan oleh orang tua sejak dari kecil atau kanak-kanak karena hal itu dapat berpengaruh terhadap perkembangan jiwa anak," tegasnya.
Dirinya pun mencontohkan, Jika orang tua sebaiknya memperhatikan pendidikan anak-anaknya karena peran orang tua sangat penting dalam proses pendidikan bagi mereka.
Orang tua mampu menyediakan, Tegas ia, Untuk kebutuhan materiil anak-anaknya secara memuaskan tetapi kebutuhan pendidikan tidak pernah terpenuhi. Anak tidak dipersiapkan menjadi manusia yang dewasa seperti tujuan yang hendak dicapai oleh pendidikan.
Ia pun berpendapat, Seorang anak berkembang tanpa adanya polah yang hendak dituju, tetapi berkembang dengan sendirinya. Anak dibiarkan saja tumbuh tanpa tuntutan norma yang pasti. Tidak ada kepastian pada diri anak, bagaimana seharusnya ia berbuat atau bersikap karena memang tidak pernah diberi tahu dan dibimbing oleh orangtuanya.
Dia pun menegaskan, Situasi seperti itu disebut miss educated (Salah faham mendidik), Kadang-kadang hal demikian ini oleh orangtuanya tidak disadari, jadi tidak disengaja. Orang tua berbuat demikian mungkin karena tidak tahu, yaitu tidak tahu bagaimana mendidik anaknya dan tahu tetapi situasi memaksa demikian, mungkin karena terlalu sibuk.
Oleh karena, Menurut nya, untuk menjadi orang tua dituntut syarat-syarat tertentu agar anak-anaknya berkembang dengan baik. Jika suatu keluarga dikaruniai seorang anak, maka pada pundak orangtua itulah dibebankan usaha bagaimana agar anak-anaknya berkembang dengan baik. Jadi anak tidak diterima begitu saja, diberi makan dan pakaian tetapi diusahakan agar anak mampu berkembang dengan baik.
Senada itu Kepala sekolah SD IT Tahfizh Quraan Al-Jabar H. Kamid, S.Ag yang juga narasumber psikologi mengatakan peran orang tua harus mampu membagi-bagi perhatiannya kepada semua obyek di dalam rumah tangganya. Sebab di dalam keluargalah terjadi interaksi orangtua terhadap anak. "Kasih sayang yang diberikan orang tua pada awal kehidupan seorang anak sangat membantu perkembangan anak, bahkan menjadi dasar peletakkan kepribadiannya," ucapnya.
Pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak bukanlah hal yang sepele karena pendidikan modal utama yang harus dimiliki setiap individu yang hidup agar dapat bertahan menghadapi perkembangan zaman. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template