Pengusaha Kosan Terancam Bangkrut - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengusaha Kosan Terancam Bangkrut

Pengusaha Kosan Terancam Bangkrut

Written By Angga Praditya on Sabtu, 02 Desember 2017 | 15.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Pemilik usaha kos-kosan di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur terkena imbas pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan perusahaan terhadap karyawannya yang tidak mempu memenuhi keputusan pemerintah untuk menaikkan upah buruhnya. Akibatnya, banyak kamar kosong dan nyaris tidak berpenghuni saat ini mewarnai hampir rata-rata kosan di wilayah tersebut.
Seperti diungkapkan Rahmat (58) pemilik kosan di lingkungan RT 04/02, Desa Sukaluyu, kepada Radar Karawang, kemarin. Dua bulan terakhir ini kosannya kosong. Padahal sebelumnya selalu penuh karyawan pabrik. "Kalau kamar atau rumah kan menurut orang sini rohnya itu manusia. Selagi ada yang mengurus jadi rumah kondisinya terawat," ucapnya.
Diakuinya sudah 10 tahun ini dia menggeluti bisnis rumah kosan. Dirinya miliki 10 pintu dengan ukuran 2.5.M X 3.M. Setiap satu pintu rumah kos dihargai Rp 400.000. Fasilitas yang dimiliki tempat tidur dan lemari plastik. Dari pembayaran kosan itu sebulan bisa mengumpulkan uang Rp 2,7 juta. Jumlah itu hasil bersih setelah biaya operasional dan perawatan. "Sekarang, hanya satu orang saja yang kos di tempat saya, dan kini yang kos juga mengakui merasa seram ngekos sendiri, bahkan sudah memberi informasi dirinya akan ikut keluar," ucapnya.
Hal serupa pun dirasakan H. Doman (61) warga Kampung Cidomba, Desa Pinayungan. Dia memiliki 4 lokasi kosan dan tersebar di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur. Total kamar yang ia punya, hampir 35 pintu. Akan tetapi dari semuanya kini nyaris tidak berpenghuni. "Sekarang sepi, tapi saya tetap melakukan perawatan agar kondisinya tidak rusak," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. mungkin bukan karena banyak karyawan yang di PHK saja, tetapi ada kemungkinan kedua yaitu maraknya perumahan subsidi yang terjangkau kredit bulanannya. Jadi dari pada bayar kontrakan bulanan mending buat kredit Rumah yang nominalnya tidak berbeda jauh dengan biaya ngontrak bulanan.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template