Pencemar Sungai Citarum akan Dipidana - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pencemar Sungai Citarum akan Dipidana

Pencemar Sungai Citarum akan Dipidana

Written By Angga Praditya on Kamis, 07 Desember 2017 | 11.30.00

KLARI, RAKA - Bagi anda yang terbiasa membuang sampah sembarangan di sepanjang sungai Citarum nampaknya harus bersiap-siap untuk tinggal di jeruji sel tahanan. Pasalnya dalam sanksi pidana akan diberlakukan terhadap para pencemar lingkungan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Desa Walahar Sardi Anwar Surendra pada kesempatan rampat minggon yang diselenggarakan di aula Desa walahar Rabu, (06/12)  kemarin. Setelah mengikuti undangan rapat, pembahasan tentang lingkungan hidup dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi jawa Barat di Bandung beberapa hari yang lalu. Dia menjelaskan, siapa saja yang membuang sampah di sungai citarum akan dikenakan sanksi hukuman pidana. "Untuk hukuman pidananya sendiri belum diputuskan baru sedang disiapkan oleh dinas lingkungan hidup," katanya.
Hukuman pidana tersebut bukan hanya berlaku bagi masyarakat saja, melainkan berlaku bagi semua yang melakukan pengrusakan lingkungan khususnya sungai citarum. "Jangankan pengusaha atau perusahaan yang membuang sampah ke citarum, masyarakat saja bisa dikenakan hukuman pidana," tegasnya.
Maka dari itu dalam waktu dekat, dia akan mengajak masyarakat untuk melakulan pembersihan lingkungan yang akan dimulai besok (hari ini) dengan diawali dari  kantor desa, dengan demikian Ketua RT akan enjadi koordinator dari warganya masing-masing. "Rencananya besok (hari ini) kita akan melakukan pembersihan lingkungan dan terus menyampaikan sosialisasi tentang dilarang pembuangan sampah ke citarum," tuturnya.
Sementara salah satu linmas Ujang Junaedi mengaku, bahwa sampai saat ini kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan masih terlihat minim. Jangankan untuk membuang sampah ke citarum, melihat sampah yang dekat dengan lokasi kediamannya saja masih dibiarkan. Oleh sebab itu dirinya berharap dengan adanya peraturan atau hukuman pidana bagi siapa saja yang membuang sampah ke citarum menjadi langkah konkrit untuk menjaga citarum. "Memang harus seperti itu biar tidak ada lagi yang berani buang sampah sembarangan," akunnya.
Untuk sejumlah titik lokasi pembuangan sampah di Walahar sendiri belum ada tempat pembuangan yang menyediakan pembuangan. Maka kata dia, butuh juga bantuan dari aparat pemerintah daerah untuk lebih intens lagi dalam menjalankan kinerja terutama dalam pemungutan sampah. "Kalau disini tidak ada lokasi pembuangan sampah, kalau buang sampah dimana aja banyak," ungkapnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template