Pemegang Suket Dijamin Dapat KTP - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemegang Suket Dijamin Dapat KTP

Pemegang Suket Dijamin Dapat KTP

Written By Admin Raka on Rabu, 27 Desember 2017 | 20.37.00

KARAWANG, RAKA - Sampai saat ini masih saja ada masyarakat yang bertanya perihal masa berlaku Surat Keterangan (Suket) Pengganti Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Karena jika mengacu kepada peraturan maka masa berlakunya hanya enam, tetapi para pemergang suket tidak diwajibkan untuk melakukan perpanjangan setelah habis masa enam bulan.
Bahkan berbagai pertimbangan disajikan sebagai alasan. Diantaranya, karena kesibukan warga yang pekerja, atau jauhnya jarak dari rumah ke kantor Disdukcapil hingga padatnya aktifitas sehingga tidak memungkinkan untuk bisa setiap waktu ke Disdukcapil. Acuan-acuan kemudian menjadi dasar keputusan masa berlaku suket tidak berbatas waktu. "Selama blanko KTP el belum tercetak suket masih tetap berlaku," tandas Kabid Kependudukan Disdukcatpil Lilis Jayasutisna, beberapa waktu lalu.
Kendati demikian Lilis tidak menampik jika berdasarkan fungsinya masa berlaku Suket memang hanya enam bulan, tetapi hal itu tidak berlaku saklak. Artinya, pemerintah memberi keringanan kepada masyarakat pemegang suket untuk tidak harus bolak-balik mengurus perpanjangan Suket. "Kalau memang ada kepentingan yang mengharuskan diperbaruhi baru kita perbarui tetapi kalau tidak lebih baik pegang saja sampai KTP asli dicetak. Dengan kata lain kalau ada masalah dilapangan baru diperbaruhi tapi selama tidak ada cukup pegang yang sudah dibuat," ucap Lilis.
Dikendurkannya masa berlaku suket tidak lepas dari berbagai pertimbangan. Bahkan Lilis merasa kasihan kepada masyarakat jika harus mondar-mandir hanya untuk mengganti suket. Padahal jarak rumahnya ke disdukcapil amat jauh. Karena itu dia mengatakan agar pemegang suket tidak perlu khawatir, tetapi kalau memang bermasalah dan perlu diperbaruhi baru diperbarui. Karena secara data tidak ada yang dirubah, hanya batas waktu enam bulan saja yang diperbaruhi.
Selain menegaskan warga pemegang surat keterangan pengganti KTP tidak perlu memperpanjang masa berlakunya yang hanya enam bulan. Hal itu juga mengacu terhadap jaminan bahwa warga pemegang suket pasti akan mendapatkan KTP elektronik. "Bukan hanya efektifitas waktu pemberlakuan tetapi juga jaminan pemerintah kalau pemegang suket dijamin akan mendapatkan KTP asli," ucapnya.
Lilis menyebutkan itu sebagai diantara alasan tidak mewajibkan masyarakat melakukan perpanjangan suket. "Untuk masa berlaku memang tertera selama enam bulan. Kemungkinan pada saat itu pemerintah pusat berpikiran dengan kurun selama enam bulan pemegang suket pengganti KTP akan mendapat KTP," ujar Lilis. Tetapi pada kenyataannya, lanjut Lilis, ada saja kendala-kendala yang muncul dan salah satunya pencetakan blangko e-KTP sampai saat ini masih terkendala. Kondisi ini diluar perhitungan pemerintah sehingga batas waktu yang ada di suket pengganti KTP terlewati. (ari)




Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template