Pasien Minta Loket Khusus Manula - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pasien Minta Loket Khusus Manula

Pasien Minta Loket Khusus Manula

Written By Admin Raka on Kamis, 14 Desember 2017 | 21.00.00

TELUKJAMBE, RAKA - Memberikan pelayanan terbaik bagi pasien merupakan prioritas utama. Termasuk pasien lanjut usia dan yang menderita penyakit tertentu seperti pasien dengan kursi roda dan yang tidak memungkinkan untuk berdiri terlalu lama.
Pelayanan untuk pasien khusus ini, sempat mengemuka beberapa waktu dan berisi permintaan agar manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang membuka loket khusus yang melayani pasien khusus agar perlu antre berobat terlalu lama. Pasien khusus tersebut termasuk yang duduk di kursi roda dan usia lanjut atau manula.
Seperti diungkapkan Sriyani (55) Warga Desa Panyingkiran, Kecamatan Tempuran, agar ada antrean khusus untuk pasien tua seperti dirinya. "Mudah-mudahan kalau pasien usia uzur seperti saya bisa diprioritaskan agar tidak berlama lama menunggunya. Begitu pun pasien yang menggunakan alat bantu. Itu hanya masukan saja, sejauh ini pelayanan semua berjalan baik," ucap Sri.
Sri mengatakan kehadiran di RSUD karena berobat penyakit jantung yang dideritanya. Sri sendiri mengaku sudah manjadi pasien tetap Poli Jantung RSUD Karawang, dan dia selalu antre bersama pasien umum lainnya setiap akan berobat. Lumayan melelahkan, diakuinya tetapi itu harus dilakukannya kalau masih ingin dilayani dokter. "Sudah satu ini saya berobat regular dan selalu antre tiap kali berobat. Makanya, jika saja antrean untuk manula diadakan saya tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa dilayani dokter," ujarnya. 
Sebelumnya Dirut RSUD dr. H. Asep Hidayat Lukman, disinggung soal kualitas pelayanan terhadap pasien hanya mengatakan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien mempunyai hubungan yang sangat erat. Pelayanan Rumah sakit yang berkualitas akan memberikan kepuasan kepada pasien menjadi awal membangun hubungan yang kuat untuk jangka waktu yang panjang. Sehingga memungkinkan rumah sakit untuk memahami harapan pasien serta kebutuhan mereka.
Ikatan tersebut memberikan keuntungan bagi rumah sakit berupa finansial dan juga pasien dengan kesembuhannya. Memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, bukanlah sesuatu yang mudah bagi pengelola rumah sakit karena pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit menyangkut kualitas hidup para pasiennya sehingga bila terjadi kesalahan dalam tindakan medis dapat berdampak buruk bagi pasien. Dampak tersebut dapat berupa sakit pasien bertambah parah, kecacatan bahkan hingga kematian.
"Saat ini hampir 1000 Pasien dalam satu hari yang dilayani RSUD Karawang termasuk pelayanan di ICU jugas mengalami lonjakan mencapai 20 pasien per harinya. Namun itu harus bisa tertangani dengan baik agar ada suatu kepercayaan bagi masyarakat Kabupaten Karawang terhadap RSUD," ungkap ASep. Diakui dirinya bahwa tidak semua bisa berjalan mulus dalam melaksanakan tugas. Dan saat ini pihaknya terus lakukan evaluasi secara berkelanjutan agar Rumah sakit umum daerah mempunyai kualitas pelayanan kesehatan yang mumpuni.
Dirinya pun menegaskan dalam pelaksanaannya merupakan hal yang perlu diperhatikan dari penyelenggara layanan kesehatan. Untuk menunjang pelaksanaan pelayanan secara berkualitas tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pihak RSUD Kabupaten Karawang. Seperti sarana prasarana yang ada, termasuk memudahkan pasien dalam pendaftaran berobat. Selain kualitas SDM yang melayani dalam hal ini pegawai dan perawat, sikap pegawai dan perawat menunjang pelaksanaan prosedur ini secara maksimal sehingga tercipta suatu kepercayaan. Dirinya pun tidak menampik evaluasi itu terus berkelanjutan dan hingga kini pun perubahan demi perubahan bisa dirasakan. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template