Panwaslu Ajak Semua Unsur Berpartisipasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panwaslu Ajak Semua Unsur Berpartisipasi

Panwaslu Ajak Semua Unsur Berpartisipasi

Written By Angga Praditya on Sabtu, 02 Desember 2017 | 18.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Bertempat di Hotel Graha Vidya Jatiluhur, puluhan perwakilan dari unsur KPU, panwascam, prmas, OKP dan sejumlah perwakilan unsur Muspida Purwakarta mengikuti rapat koordinasi (Rakor) pengawasan pemilu partisipatif pilbup dan pilgub 2018 yang digelar Panwaslu Kabupaten Purwakarta, Kamis (30/11) kemarin.
Dalam rakor tersebut dijelaskan mulai dari tahapan, baik dari proses pendaftaran calon sampai pada proses pengawasan penyelenggaraan Pilbup Purwakarta dan Pilgub Jabar 2018 mendatang. "Sangat dibutuhkan peran partisipatif dari semua masyarakat, terkait dengan partisipatif masyarakat, kita akan maksimalkan komponen-komponen kelompok masyarakat dengan potensi yang ada, agar masyarakat mampu bekerja sama dengan lembaga pengawas pemilu serta ikut aktif melakukan pengawasan selama berlangsungnya pilkada mendatang," ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta, Oyang Este, S.Fil.I.
Menurutnya, untuk mewujudkan pemilukada dan pemilu yang berkualitas dan bermartabat. Panwaslu Kabupaten Purwakarta terus mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya proses hajatan demokrasi tersebut agar bisa berjalan sesuai ketentuan. "Keterbatasan jumlah petugas panwas juga menjadi salah satu alasan pentingnya melibatkan masyarakat dalam mengawasi pemilu. Apalagi, masyarakat menjadi pelaku sekaligus pemanfaat proses dan hasil pemilu atau pilkada tersebut," ujar Oyang.
Menurutnya, adanya sejumlah titik rawan pelanggaran dalam sejumlah tahapan pemilu, menuntut perlunya pengawasan partisipatif dari masyarakat. "Misalnya, tahap pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye maupun saat pungut hitung suara," tuturnya, dihadapan peserta. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template