Panwaskab Tanda Tangan MoU dengan Kwarcab - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panwaskab Tanda Tangan MoU dengan Kwarcab

Panwaskab Tanda Tangan MoU dengan Kwarcab

Written By Admin Raka on Selasa, 12 Desember 2017 | 18.30.00

Tentang Pengawasan Pemilu

PURWAKARTA,RAKA - Panitia Pengawasan pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta gelar rapat kordinasi (Rakor) pengawasan partisipatif dan mendatangani memorandum of understanding (MoU) bersama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Purwakarta jelang Pilgub Jabar dan Pilbup Purwakarta 2018, di Hotel Grand Situ Buleud, Senin (11/12).
Dalam kesempatan itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta, Oyang ST, S.Fil mengatakan, keterbatasan jumlah petugas panwas menjadi salah satu alasan pentingnya melibatkan sejumlah elemen masyarakat dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan pemilihan umum. "Walaupun, masyarakat menjadi pelaku sekaligus penerima manfaat dari proses dan hasil pemilu atau pilkada yang digelar," ujar Oyang.
Oyang menegaskan, menghadapi tahun politik dengan akan digelarnya pilbup, pilgub dan pilpres dalam dua tahun ke depan. Momen pemilu ini adalah hajatnya masyarakat, maka semua elemen masyarakat harus terlibat dalam mengawal pemilu. Sementara, gerakan pramuka, adalah elemen penting ?di masyarakat dan mengakar. Penyelenggaraan pemilu yang juga melibatkan semua pihak perlu peran serta gerakan? pramuka untuk turut mengawal. "Kami libatkan juga teman-teman pramuka dalam pengawasan partisipatif pemilu, baik Pilkada Purwakarta maupun Pilkada Jabar, sehingga hak politik warga dalam pemilu terakomodir," tuturnya.
Gelaran pilkada tidak lepas dari potensi masalah. Mulai dari tahapan, pelaksanaan hingga penghitungan suara pemilu. Saat ini, proses tahapan Pilkada Purwakarta sudah dimulai seiring dengan diterimanya berkas dukungan calon independen. "Pengawasan sudah berjalan sejak akhir September dalam hal pada pengawasan terhadap tahapan ?pemilu," ujarnya.
Pada kesempatan itu, hadir perwakilan Kwarcab Pramuka, Wahyu Wibisono. Dia mengatakan, mendukung langkah yang dilakukan oleh panwas. "Nanti teknisnya seperti apa akan dibahas lebih lanjut. Pada dasarnya, kami setuju bahwa pengawasan partisipatif pemilu ?harus melibatkan masyarakat, kami dari Pramuka Purwakarta siap membantu," singkat Wahyu. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template