November Diperbaiki - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » November Diperbaiki

November Diperbaiki

Written By Angga Praditya on Kamis, 28 Desember 2017 | 12.30.00

Tanggul Citarum Sudah Amblas

BATUJAYA, RAKA - Tanggul Citarum di Dusun Lolohan I RT 06/03, Desa Kutaampel, Kecamatan Batujaya, amblas sedalam dua meter. Padahal, tanggal tersebut baru diperbaiki bulan November 2017.
Menurut warga setempat, Ujang (30), retakkan tanggul Citarum sudah terlihat sejak Senin (25/12), namun dianggapnya biasa dan dinilai tidak mengkhawatirkan karena tanggul tersebut baru diperbaiki satu bulan sebelumnya. Tapi setelah kembali dilihat, ternyata kondisinya sudah sangat parah. "Tidak ada suara atau gemuruh akibat longsornya tanggul Citarum tersebut, tapi saya kaget ketika melihat kondisi tanggul yang sudah longsor," ungkapnya kepada Radar Karawang, Rabu (27/12) kemarin.
Akibat longsornya tanggul Citarum, kata Ujang, saat ini lebar tanggul Citarum sangat tipis, sekitar satu jengkal. Dirinya sangat khawatirkan jika hujan kembali datang, karena tidak jarang rembesan air Citarum masuk ke pemukiman warga. "Apalagi dengan keadaan seperti ini, dipastikan tanggul tidak akan bisa menahan besarnya debit air," tuturnya.
Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kutaampel Walim Waluyo mengutarakan, amblasnya tanggul Citarum harus menjadi perhatian pemerintah. Jangan sampai masyarakat menjadi korban banjir akibat luberan Citarum, karena tanggul yang tidak sempat diperbaiki.
Dirinya menilai hal tersebut terjadi karena saat membuat tanggul menggunakan dan mengeruk tanah bantaran Citarum yang ada di bawahnya. Sehingga tidak ada penahan untuk tanggul. "Seharusnya menggunakan tanah yang mengambil dari luar atau pun tanah merah. Meski sudah ditahan sama karung-karung besar yang dibuat waktu itu, tapi jika bantarannya diambil tetap saja. Buktinya saat ini longsor," tuturnya.
Diketahui pada tahun 2016, tanggul tersebut sudah dilakukan perbaikan. Lebih parahnya, tanggul tersebut juga sudah diperbaiki pada November 2017, namun dengan jangka waktu satu bulan tanggul tidak bisa bertahan. "Ini akan membahayakan masyarakat jika tidak ditangani secara cepat," tandasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template