Musdes Cilewo, PNS Kalahkan Inkumben - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Musdes Cilewo, PNS Kalahkan Inkumben

Musdes Cilewo, PNS Kalahkan Inkumben

Written By Admin Raka on Jumat, 29 Desember 2017 | 12.15.00

TELAGASARI, RAKA - Hiruk pikuk pemerintahan Desa Cilewo setelah dipidananya Kades Komarudin setahun lalu, berakhir dalam musyawarah desa (musdes), Kamis (28/12) kemarin.
Musdes yang dihadiri Wakil Bupati Ahmad Zamakhsyari dan Kapolres Karawang AKBP Hendi F Kurniawan, menetapkan Omang Rohman sebagai kepala desa pergantian antarwaktu (PAW) Desa Cilewo empat tahun kedepan. Figur seniman Jaipong Sampurna Group yang akan memasuki masa pensiun dari statusnya sebagai PNS dilingkungan UPTD Pendidikan Telagasari tahun 2018 mendatang, mengungguli lawannya yang tak lain inkumben sekaligus adik dari kades sebelumnya, Ahmad Syadzeli SE.
Setelah pemilihan, Ahmad Syadzeli mengatakan, dirinya legowo menerima hasil musyawarah desa yang sudah menetapkan Omang Rohman sebagai kepala desa. Diharapkan bisa membawa Cilewo lebih baik lagi. "Insya Allah kami legowo, semuanya terbuka dan atas dasar musyawarah," katanya kepada Radar Karawang.
Omang yang meraih 71 suara mengaku bangga dan mengapresiasi kepercayaan unsur tokoh yang hadir. Banyak pekerjaan rumah dan tugas menanti kedepan untuk merapihkan keadaan desa induk di Kecamatan Telagasari ini. Dirinya juga berterima kasih kepada kades sebelumnya dan calon lainnya atas kelegowoannya. "Tugas yang utama dulu adalah menyatukan antarkubu, masyarakat dan semuanya agar sama-sama membangun desa," katanya.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Ade Sudiana mengatakan, semua tahapan dan proses musyawarah desa sudah berjalan dengan baik, hingga terpilihnya kades baru yang akan mengisi Desa Cilewo. Soal pelantikan resminya nanti disesuaikan dengan tahapan yang ada dan tidak akan lebih dari sebulan kedepan. Sementara tempat pelantikannya nanti, bisa di kantor kecamatan, kantor desa atau bahkan di Plaza Pemkab. "Semoga saja terpilihnya kades baru hasil musyawarah ini merupakan awal yang baik untuk menata kembali Desa Cilewo," ujarnya.
Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari menitipkan kondusifitas Desa Cilewo setelah musdes. Siapapun yang terpilih adalah hasil bersama dan harus diterima bersama-sama. "Selamat atas terpilihnya kades baru, rangkul semua kepentingan disini. Jangan berpesta pora berlebihan, karena tugas kedepan masih banyak menanti," pungkasnya.
Berdasarkan pantauan, prosesi Musdes Cilewo dimulai sekitar pukul 08.30, dengan 94 undangan yang terdiri dari unsur perangkat desa, RT, BPD, tokoh agama,  tokoh pendidikan, tokoh perempuan dan tokoh tani. Dari 7 unsur tersebut, 6 perwakilan diantaranya memilih jalur musyawarah dan satu unsur memilih voting yaitu tokoh tani. Paska ditetapkan pemilihan kades PAW ini lewat jalur musyawarah oleh panitia, dari 7 perwakilan unsur tersebut, lima diantaranya memenangkan Omang Rohman dengan perolehan suara 71, sementara rivalnya Ahmad Syadzeli yang juga nomor urut 1, hanya memperoleh 2 unsur saja, yaitu 23 suara. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template