KPU Kembali Bahas Alokasi Daerah Pemilihan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KPU Kembali Bahas Alokasi Daerah Pemilihan

KPU Kembali Bahas Alokasi Daerah Pemilihan

Written By Angga Praditya on Jumat, 22 Desember 2017 | 11.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta gelar rapat kerja tahap kedua tentang simulasi alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Purwakarta dan susunan penataan daerah pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019, Kamis (21/12).
Ketua KPU Purwakarta Ramlan Maulana mengatakan, penataan daerah pemilihan (dapil) mengacu pada data agregat kependudukan per kecamatan yang diserahkan oleh Kemendagri kepada KPU paling lambat 16 bulan sebelum hari pemungutan suara. "Pada bulan Januari 2018 akan ada uji publik terkait dapil yang akan diusulkan kepada KPU RI dalam Pileg 2019. Pada 17 Desember 2017 lalu kita sudah menerimaan DAK 2 dari KPU RI," ujar Ramlan.
Menurutnya, terdapat sejumlah perubahan dalam penataan dapil di Kabupaten Purwakarta untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Namun, untuk jumlah kursi legislatif yang diperebutkan masih tetap 45 kursi perwakilan. "Sesuai dengan Pasal 185 UU Nomor 7 tahun 2017, penataan dapil mengacu pada prinsip-prinsip kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan," tuturnya.
Diketahui, jumlah kursi legislatif untuk Kabupaten Purwakarta, berdasarkan jumlah penduduk pada kisaran 500 ribu sampai 1 juta jiwa, jumlah legislatifnya 45 kursi. Jumlah penduduk Purwakarta adalah 912.708 jiwa. Dengan jumlah BPPd 20.282. Berikut pemetaan dan alokasi kursi perdapil anggota DPRD Purwakarta untuk pemilu 2019. Dapil Purwakarta 1 alokasi 8 kursi, Kecamatan Purwakarta, dapil Purwakarta 2 alokasi 9 kursi, Kecamatan BBC, Bungursari, Campaka dan Cibatu, Dapil Purwakarta 3 alokasi 7 kursi, Kecamatan Pasawahan, Pondoksalam, Wanayasa dan Kiarapedes.
Sementara, untuk dapil Purwakarta 4 alokasi 6 kursi, Kecamatan Bojong dan Darangdan, dapil Purwakarta 5 alokasi 8 kursi, Kecamatan Plered, Tegalwaru dan Maniis, dan untuk dapil Purwakarta 6 alokasi 7 kursi meliputi Kecamatan Sukatani, Sukasari dan Jatiluhur. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template