Kelurahan Nagri Kaler Rutin Gempungan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kelurahan Nagri Kaler Rutin Gempungan

Kelurahan Nagri Kaler Rutin Gempungan

Written By Angga Praditya on Jumat, 29 Desember 2017 | 13.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Program gempungan dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) rutin dilakukan setiap seminggu sekali di Kelurahan Nagri Kaler.
Lalan Surihlan, Sekretaris Kelurahan Nagri Kaler mengatakan, program kelurahan yang sudah terealisasi seperti gempungan setiap seminggu sekali. "Untuk sementara seminggu sekali setiap hari Kamis, biasanya sebulan sekali. Baru dua bulan pelaksanaan untuk gempungan ditiap kelurahan," ungkap Lalan, kepada Radar Karawang, Kamis (28/12).
Dia melanjutkan, untuk Kamis sekarang di Kelurahan Munjuljaya dan penetapan tempat gempungan tersebut ditetapkan oleh kecamatan. "Setiap gempungan mengadakan kegiatan untuk masyarakat seperti, pelayanan gratis, pelayanan KTP, KB, pengobatan gratis, subsidi gas 3 Kg.," ujarnya.
Lalan juga mengatakan, ada juga program arisan gotong royong semacam kerja bakti, selalu digiatkan setiap Selasa dan teknisnya sama setiap kelurahan digilir dan ditentukan oleh kecamatan. "Kalau untuk yang mencakup surat kependudukan kelurahan hanya memberikan surat rekomendasi, pengantar dan legalisir pun sekarang tidak lagi dikelola oleh kelurahan. Jadi segala jenis surat hanya merekomendasi, hanya sebatas mengetahui," paparnya.
Di sisi lain, Detri Afriansyah, Sekretaris PKK Kelurahan mengatakan, program PKK kelurahan meliputi pengawasan, posyandu, keterampilan, penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampialan, kesehatan, memgembangkan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan lingkungan sehat. "Untuk kegiatan lingkungan sehat mengadakan acara seperti mengadakan pendidkan hidup bersih, sehat (PHBS) atau menanam tanaman obat yang diberi tagline Toga (tanaman obat keluarga)," terangnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, waktu pelaksanaan program direalisasikan oleh pokja (kelompok kerja) yang dibagi 4 pokja, pertama bagian agama, kedua koperasi, ketiga pangan, keempat posyandu dan kesehatan dan sudah sudah hampir semua terealisasi juga pernah mengikuti lomba sepeuluh program PKK tingkat Jawa Barat dan menjadi juara ke 2 dalam rangka hari kesatuan gerak PKK. "Untuk tahun sekarang gak ikut, kitanya gak sanggup soalnya biaya ditanggung sendiri, kalau tahun ini Kelurahan Ciseureuh yang ikut lomba," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template