Kecamatan Diminta Aktif - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kecamatan Diminta Aktif

Kecamatan Diminta Aktif

Written By Angga Praditya on Jumat, 29 Desember 2017 | 20.00.00

Sosialisasi Program Disdukcapil

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa diminta berperan aktif mensosialisasikan Sambang Desa, program Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) yang diharapkan bisa menjadi terobosan dalam hal percepatan perekaman KTP Elektronik.
"Kita akan lakukan percepatan perekaman KTP Elektronik dengan melakukan kunjungan ke tiap-tiap desa di setiap kecamatan," ujar Kabid Kependudukan Disdukcapil Lilis Jayasutiana kepada Radar Karawang, belum lama ini, sambil menyebutkan nama program Sambang Desa yang diluncurkan Disdukcapil sebagai upaya jempot bola.
Melalui terobosan itu diharapkan warga yang sudah menerima undang tetapi melakukan perekaman supaya bisa terdata dan mau melakukan perekaman. Untuk itu, diperlukan peran pihak kecamatan dan desa guna memuluskan program tersebut. "Sambang  Desa ini diharapkan bakal menjadi program efektif menjaring warga yang belum melakukan perekaman KTP Elektkronik di wilayah Kabupaten Karawang," terang Lilis lagi.
Lilis menambahkan program Sambang Desa tersebut sebagai implementasi lanjutan instruksi Sekda H. Teddy Rusfendi Sutisna dalam hal percepatan prekemanan KTP Elektronik.
Termasuk program pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran (AK). Keberadaan bagian kependudukan Disdukcapil di kecamatan itu juga diharapkan bisa menjadi ujung tombak terealisasinya program palayanan satu hari selesai yang selama ini disebut-sebut jadi program kebanggaan dinas itu, mesti belum terealisasi karena masih terkendala keterbatasan pengetahun warga untuk bisa melengkapi berkas pengajuannya dalam sekali urus.
Kendati demikian peranan kecamatan saat ini paling tidak bisa dirasakan langsung oleh warga di daerah bersangkutan. Seperti diungkapkan Adam Al-Hadid (20) warga Perumahan Cikampek Berbunga RT 001/007, Desa Pangulah Utara, Kecamatan Kotabaru, dia diarahkan pihak kecamatan untuk langsung ke Disdukcapil. "Tidak ada persoalan mengenai proses pemberkasan karena sebelumnya memang sudah diarahkan pihak kecamatan," ucapnya.
Rahmat Suhendra (37) warga Kampung Sukaseuri Timur, RT 018/008, Desa Sarimulya, Kecamatan Kotabaru juga mengungkapkan hal sama.  Dia mengaku sedang melakukan perbaikan nomer Kartu Keluarga (KK) karena nomer induk yang di KK tidak sesuai dengan Nomer Induk yang ada di KTP, jadinya tidak bisa digunakan, makanya harus diperbarui. Rahmat juga mengaku sebelum ke Disdukcapil sebelumnya dia diarahkan pihak kecamatan setelah berkas permohonan perbaikannya dinyatakan lengkap oleh pihak kecamaatan. "Sebelum kesini saya ke kecamatan dulu dan minta diarahkan tata cara pengurusannya. Setelah mendapat penjelasan di kecamatan saya baru kesini untuk mengupgrade nomor di KK saya," terang Rahmat.
Sementara menyinggung masih lambannya pelayanan terhadap masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tidak menampik jika saat ini dinas itu kekurangan pegawai sehingga pelayanan terhadap masyarakat yang diberikan dinas itupun jadi kurang optimal. "Kita sudah mengajukan tambahan pegawai ke BKPSDM, soal dikabulkan atau tidak kita serahkan ke BKPSDM," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Yudi Yudiawan.
Hanya disetujui atau tidaknya permintaaan tambah pegawai itu sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Kadis meminta tambahan pegawai untuk mengoptimalkan kinerja dinasnya. Apalagi pelayanan terhadap masyarakat terus mengalami peningkatan. Sementara jumlah pegawai yang melayani tidak sebanding dengan tuntutan pekerjaan. Kadis sendiri mengajukan permohonan tambah pegawai menyusul derasnya keluhan masyarakat yang masih mengeluhkan lambannya pelayanan di kantor dinas itu. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template