Karyamukti Punya Dokumen Data Dasar Keluarga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karyamukti Punya Dokumen Data Dasar Keluarga

Karyamukti Punya Dokumen Data Dasar Keluarga

Written By Admin Raka on Rabu, 27 Desember 2017 | 17.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Dana Bagi Hasil (DBH) tahun 2016 dimanfaatkan Pemerintah Desa Karyamukti, Kecamatan Lemahabang, untuk membuat Data Dasar Keluarga (DDK). Hal itu dilakukan melalui alokasi anggaran yang mencapai hingga Rp 13 juta.
DKK yang dilengkapi identitas warga per KK tersebut mempermudah masyarakat mengakses profile setiap KK mulai nama, anak, peliharaan hewan, tumbuhan, luas lahan hingga bentuk rumah dan bangunannya. Sekretaris Desa Karyamukti Ardi Jaenudin mengatakan pihaknya mengalokasikan buku DKK ke percetakan dengan format baku yang sudah di sodorkan pihak Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil). "Pengadaan buku itu biayanya bersumber dari DBH luncuran tahun 2016 sebesar Rp 13 juta," ucapnya. 
Nantinya buku itu mengakses data kependudukan lebih akurat mulai alamat, kesehatan, tumbuhan, hewan peliharaan, kondisi bangunan dan ekonomi per KK. Tinggal saat ini,  buku DKK yang sudah ada di Desa Karyamukti ini disebar oleh masing-masing RT untuk menyisir nama dan data kependudukan sesuai format yang ada di masing-masing buku. "Data jadi lebih akurat karena DKK ini lengkap dan transparan," ujarnya.
Selain manual, pihak desa juga menyiapkan input data jika semua DKK sudah terisi formatnya. Hanya saja, pihaknya yang membeli tiga ribuan eksemplar buku ini, akan membutuhkan waktu lebih dari lima bulan untuk menginput satu persatu. Sehingga selain manual, data secara online juga nanti akan ada. Baik untuk dokumen desa, maupun kebutuhan data soal desa yang siap melayani penelitian mahasiswa, akademisi maupun keperluan lainnya. "Ini ada 3.000 an makanya kita nanti membutuhkan waktu lama juga menginput datanya secara komputerisasi," katanya.
Kades Karyamukti Idha Komara mengatakan DBH tahap dua dalam luncuran tahun 2016 di desanya murni dibelanjakan pada DDK ini Rp 13 Juta. Dia tidak tahu dengan desa lainnya,  karena porsi DDK ini memang ada sebenarnya di DBH. Cetak memang sendiri, namun format tidak lepas dari arahan Disdukcatpil untuk mendapati data yang lebih akurat. 
Di Lemahabang saja, kata dia, hanya ada tiga desa sepengetahuannya yang membelanjakan DDK ini dari DBH luncuran tahun 2016 kemarin. "Kita belanjakan ke DDK ini sebab kami sadar pentingnya DDK, tidak tahu desa lainnya," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template