Jalan Menuju TPS KW 6 Minta Dibeton - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalan Menuju TPS KW 6 Minta Dibeton

Jalan Menuju TPS KW 6 Minta Dibeton

Written By Admin Raka on Jumat, 22 Desember 2017 | 17.00.00

KARAWANG, RAKA - Tempat Pembuangan Sampah (TPS) KW 6 di belakang depo armada sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) di Kelurahan Karawangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, akan ditata 2018 mendatang.
Saat ini kondisinya dinilai sudah tidak representatif dan sarana prasarana pendukungnya juga dikeluhkan petugas kebersihan, terutama ketika hujan turun jalan menuju TPS itu sulit dilintasi karena becek. "TPS KW 6 kalau hujan kondisinya selalu becek dan menebar bau tidak sedap. Memang, namanya tempat buang sampah tetapi ya tidak sebegitu buruknyalah terutama kondisi jalannya," tandas Evin (35) petugas kebersihan lingkungan Kelurahan Karangpawitan kepada Radar Karawang, Kamis (21/12) di lokasi TPs.
Kata Evin, sampah yang terus memuncak setiap hari membuat petugas bekerja lebih keras. Namun akibat akses jalan yang buruk menjadikan pekerjaan itu jadi tidak mudah dilakukan. Apalagi lagi jenis sampahnya sering kali sudah tercampur tanah karena diguyur hujan. "Kita mengoperasikan dua truk setiap hari tetapi jumlah itu masih belum cukup untuk mengangkut sampahnya," terangnya.
Dikatakan Evin, sampah-sampah tersebut berasal dari sampah warga sekitar perkampungan dan perumahan. Biasanya diangkung menggunakan becak motor (caktor). Persoalannya ketika akan membuangnya ke TPS akan kesulitan karena kondisi tanahnya becek.  "Kesadaran warga dalam membuang sampah harus ditingkatkan, apalagi sudah turun hujan terutama jangan sekali kali melakukan pembuangan kesungai karena akan menyulitkan petugas," ungkapnya.
Hal senada disampaikan petugas Waker wilayah 1 Karawang Cartoma (60), dia selalu menyaksikan sampah menumpuk di sudut kota. Sangat disayangkan jika masyarakat selalu jorok membuang sampah. "Harusnya akses jalan tempat membuang sampah ini sudah bagus kalau sudah ada di kota, minimal dicor agar tidak mengalami kesulitan untuk mencapai TPS," ungkapnya.
Sementara Koordinator Lapangan Transpor Depo Karawang, Hari Ismail, SE mengatakan jika kondisi TPS bisa lebih baik lagi terutama akses yang dapat mempermudah petugas kebersihan. "Pengajuan ada di tahun ini mudah-mudahan di setujui kabid kebersihan," ungkapnya.
Sementara itu, Lurah Karangpawitan Lilis Kulsum saat disinggung mengenai kondisi sampah di belakang Depo DLHK yang lokasinya tidak jauh dari kantor kelurahan menyampaikan, jika pihaknya menyerahkan hal itu kepada dinas kebersihan dan pengairan yang harus bertindak sekalipun ada di wilayahnya. "Akses jalan itu tidak vital. Upaya akan ada dari kita, tapi saat ini belum ada arah kesana, karena kewenangannya di dinas kebersihan dan dinas pengairan. Jalannya milik pengairan karena pas tanggul," ucapnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template