Imbas Gagal Panen Harga Beras Naik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Imbas Gagal Panen Harga Beras Naik

Imbas Gagal Panen Harga Beras Naik

Written By Angga Praditya on Senin, 18 Desember 2017 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Harga beras di Pasar Beras Johar Karawang mengalami kenaikan. Hal itu diakibatkan minimnya pasokan beras petani akibat gagal panen.
Seperti disampaikan Ating (45) Minggu (17/12) pedagang beras toko beras Ade Zahra di Pasar Johar. Kenaikan harga beras terjadi disemua jenis beras, baik premium maupun kualitas rendah. Untuk kualitas rendah sebelumnya berkisar Rp 8.400/kg - Rp 9.000/kg naik menjadi Rp 9.400/kg - Rp 10.000/kg. Sementara untuk beras premium sebelumnya di kisaran Rp 10.000/kg naik menjadi Rp 10.400/kg.
Sedangkan kenaikan drastis terjadi pada harga beras ketan kualitas premium yang sebelumnya berkisar Rp 16.000/kg naik menjadi Rp 21.000/kg. Kenaikan harga beras terjadi karena pasokan dari petani ke penggilingan mulai berkurang. "Produksi gabah menurun akibat maraknya serangan hama wereng, termasuk juga akibat panen yang terburu-buru sehingga kualitas beras menjadi tidak bagus," ungkapnya.
Disampaikan Ating juga jika bulog pernah menawarkan beras sebagai solusi akan tetapi banyak pedagang beras yang tidak mau ambil resiko. Karena menurut Ating perhitungan dari segi biaya sama saja mahalnya.
 "Dari Bulog memang harganya murah hanya Rp 9400/kg dengan kualitas bagus karena beras kering tapi karena harus diambil sendiri menggunakan kendaraan perhitungan biaya operasionalnya jadi sama saja," ungkapanya.
Pedagang lainnya Ahmad Yusuf (63) meyampaikan, bukan hal baru baginya jika menjelang akhir tahun produksi beras dikota pangkal perjuangan mengalami kenaikan harga, Hal itu diakibatkan dengan datangnya musim penghujan pada ahir ahir ini, sehingga para petani memanen gabah terlalu terburu-buru dan tidak sedikit beras yang berkalitas dibawah biasanya. "Dulu harganya bisa sampai Rp 10.000/kg sekarang Rp 12.000 hingga Rp 14.000/kg," ucapnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template