Humas Bisa Angkat Citra Rumah Sakit - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Humas Bisa Angkat Citra Rumah Sakit

Humas Bisa Angkat Citra Rumah Sakit

Written By Admin Raka on Minggu, 10 Desember 2017 | 11.00.00

TELUKJAMBE, RAKA - Peran hubungan masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang ternyata cukup penting. Selain memberi kenyamanan terhadeap pasien melalui lembaga ini juga memberi pencerahan terhadap keluhan-keluhan terkait sistem pelayanan di rumah sakit bersangkutan.
Pelayanan kehumasan berlangsung selama 24 jam non stop berlaku untuk semua pelayan termasuk darurat dan non darurat disamping instansi rawat jalan memberikan pelayanan spesialistik yang baik dan diperuntukkan baik pasien baru maupun pasien lama, baik umum peserta askes maupun pasien pemilik jaminan pada perusahaan. Tanpa terkecuali pengertian dalam menjelaskan dan menangani pasien, pada saat seperti itu peran humas di rumah sakit menjadi sangat penting untuk menciptakan peluang strategis dalam upaya mensosialisasikan hak dan kewajiban pasien, serta hak dan kewajiban dokter-dokter dalam penyelenggaraan praktik kedokteran yang baik sesuai amanah.
Seperti dipaparkan Kepala Bagian Hukmas dan Promosi Kesehatan RSUD Karawang H. Ruhimin, Jumat (8/12). Kegiatan utama pelayanan rumah sakit adalah penyelenggaraan jasa pelayanan medik, yang mencakup proses medik sampai menghasilkan pendapatan. Hal inilah yang nantinya akan dinilai oleh pasien sebagai citra dari rumah sakit tersebut. Misalnya, instalasi rawat inap, laboratorium, gawat darurat, rehabilitas medik, radiologi, gizi dan pemulasaran jenazah. "Peran rumah sakit sebagai industri jasa merupakan bentuk upaya pelayanan kesehatan yang bersifat sosio ekonomi, yaitu usaha bersifat sosial namun diusahakan agar bisa memperoleh surplus dengan cara pengelolahan secara benar dan profesional," terangnya.
Peran humas di rumah sakit, lanjut Ruhimin, diharapkan bisa ikut mensosialisasikan hal-hal yang bertujuan agar dapat mengetahui hak dan kewajiban pasien serta hak lainya. Selain mengetahui hak dan kewajiban suster dan dokter juga dapat mengaplikasikan kewajibannya memperhatikan hak pasien dalam pelaksanaan praktik rumah sakit, dan untuk menciptakan peluang strategis guna mensosialisasikan program-program supaya tidak terjadi masalah yang bisa menurunkan citra rumah sakit.
"Peran Humas harus bisa membina hubungan diantara pasien juga rumah sakit. Salah satunya membuka jalan komunikasi untuk menciptakan hubungan yang baik dengan komunitas melalui konsep komunikasi lewat jalur-jalur tertentu yang dinilai paling efektif, sehingga bentuk pelayanan akan berjalan aman dan lancar," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template