Himpaudi Sosialisasi Keaksaraan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Himpaudi Sosialisasi Keaksaraan

Himpaudi Sosialisasi Keaksaraan

Written By Admin Raka on Senin, 11 Desember 2017 | 17.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Sebanyak 850 Guru dan pengelola Pendidikan Usia Dini sekabupaten Karawang mengikuti sosialisasi Mengenalkan Keaksaraan melalui lagu untuk anak usia dini. Kegiatan yang berlangsung di Technomart, Telukjambe Timur itu digelar Himpunan Pendidikan Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Karawang, Minggu (10/12).
Kegiatan langsung di buka Ketua Himpaudi Kabupaten Karawang Devi Sulaiman Spd.MPd didampingi sejumlah tokoh pendidikan Kabupaten Karawang dan pejabat Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora). "Anak usia 4 sampai 6 tahun adalah usia pra sekolah, dimana masa usia itu perkembangan intelektual anak sangat pesat. Pada usia tersebut merupakan usia emas untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak usia dini," ucapnya.
Sementara Ketua Penyelenggara Work Shop Lilis holilah. Spd. mengaakan kemampuan anak yang sedang berkembang saat usia Pendidikan Usia Dini adalah kemampuan berbahasa. Yang termasuk dalam pengembangan bahasa selain berbicara adalah kemampuan menyimak, membaca dan menulis. "Membaca, sebagai suatu proses untuk memahami makna suatu tulisan. Proses yang dialami dalam membaca adalah berupa penyajian kembali dan penafsiran suatu kegiatan dimulai dari mengenali huruf," ucap Lilis.
Cara terbaik untuk membantu anak belajar membaca adalah permainan kata dan huruf. Permainan yang melibatkan pengenalan huruf-huruf alfabet dan kata–kata utuh adalah sesuatu yang kebanyakan anak-anak akan menyukainya asalkan dilakukan dengan cara yang benar.
Pengelola PAUD Wargasetra 2, Nina Arifatul Nadiah Spd.I. mengatakan, metode pra keaksaraan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) perlu ditegaskan disini bahwa ajaran baca tulis hitung atau biasa di sebut Calistung tidak boleh dipaksakan untuk anak usia dini kecuali siswa memang sudah siap untuk menerima materi baca tulis. "Dengan adanya Workshop, saya bisa dapatkan pengetahuan lebih perihal bagaimana menerapkan pengajaran dan memberi pengetahuan kepada siswa nantinya, harapannya dengan ikut di kegiatan itu, kami bisa tampil percaya diri dalam menerapkan pendidikan terutama bagi siswa PAUD," tutupnya. (yfn)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template