Harga Naik Daya Beli Masyarakat Turun - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Harga Naik Daya Beli Masyarakat Turun

Harga Naik Daya Beli Masyarakat Turun

Written By Angga Praditya on Selasa, 19 Desember 2017 | 13.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Sejumlah harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta terus mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir. Kondisi ini dikeluhkan pedagang lantaran tingginya harga berimbas pada penurunan daya pembeli masyarakat.
Salah satunya harga daging ayam yang merangkak naik dalam beberapa hari terakhir. Besaran peningkatan seharga Rp 7.000 per kilogram dibandingkan sebelumnya. "Sejak dua hari terakhir ini, harga daging ayam memang naik harganya," ujar salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Baru Citeko, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, H. Ayong (55), Senin (18/12).
Ia mengatakan, awalnya harga daging ayam hanya berkisar Rp 28 ribu per kilogram. Saat ini, kata ia, harga daging ayam naik menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Bahkan, diperkirakan harga daging ini akan terus mengalami kenaikan hingga tahun baru mendatang. Kenaikan harga daging tersebut memang biasa terjadi menjelang tahun baru. Bahkan pada momen menjelang tahun baru tahun lalu, harga daging ayam menembus Rp 40 ribu per kilogram. "Harga daging naik karena harga dari penyuplai barang juga naik," kata Ayong.
Tak hanya daging ayam, harga beras juga mulai merangkak naik. Saat ini harga beras eceran kualitas super saat ini telah mencapai Rp 9.000 per liternya. Bahkan, untuk beras jenis pandan wangi, harganya bisa mencapai Rp 9.500 per liter.
Salah satu pemilik kios beras di Pasar Anyar Citeko, Cecep (43), menjelaskan, tingginya harga beras itu disebabkan oleh habisnya masa panen 2017. Sedangkan masa panen 2018, diperkirakan baru akan terjadi pada Februari 2018 mendatang. "Para petani di sejumlah daerah saat ini baru memulai masa tanam padi. Karena itu, hingga masa panen raya mendatang, harga beras diprediksi akan terus naik," kata Cecep.
Para pedagang pasar berharap, pemerintah dapat segera bertindak untuk mencegah kian melambung tingginya harga sejumlah kebutuhan pokok. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template