Harga Gabah Rp 6200 per Kilogram - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Harga Gabah Rp 6200 per Kilogram

Harga Gabah Rp 6200 per Kilogram

Written By Angga Praditya on Jumat, 29 Desember 2017 | 17.00.00

Petani Sedikit Terobati

TIRTAJAYA, RAKA- Meskipun area persawahan sebelumnya banyak terserang hama wereng batang coklat (WBC) dan beberapa penyakit padi lainnya, saat ini setelah panen petani Desa Srikamulyan, Kecamatan Tirtajaya sedikit bernapas lega. Pasalnya, untuk saat ini harga jual padi mencapai Rp 6200 per kilogram.
Menurut Basri (45), petani setempat, untuk saat ini panen padi di area pesawahan Desa Srikamulyan, harga jual padi kering Rp 6200 per kilogram. Padi yang saat ini berhasil dipanen, merupakan padi yang selamat dari serangan hama. Beruntung masih ada tanaman padi yang tersisa dan bisa dipanen sehingga kerugian petani desa setempat tidak terlalu besar. "Alhamdulillah harganya cukup memuaskan, namun ini semua sisa padi yang terserang hama, minimal petani tidak terlalu merugi," ungkapnya, kepada Radar Karawang.
Sebelumnya, lanjut dia, harga padi di daerahnya anjlok. 1 kilogram padi dihargai Rp 4700 hingga Rp 5300. Hal tersebut memang sudah menjadi tantangan para petani, untung dan rugi yang tidak bisa ditentukan membuat petani harus tetap fokus terhadap lahan pertaniannya, terutama dengan proses banyaknya hama yang sebelumnya menyerang.
Hal serupa dikatakan Sukardi (52), untuk saat ini masih beruntung, lahan persawahannya tidak semua diserang hama, masih ada sedikit sisa padi atau harapan baginya untuk di jual, minimal bisa kembali modal yang sebelumnya ia keluarkam untuk bertanam. "Kalau punya saya belum semua dipanen, ini mah mamen yanh udah siap aja, sisanya nanyi nyusul," ujarnya.
Dirinya berharap harga jual padi tetap stabil, namun tidak menutup kemungkinan jika harga padi akan turun kalau keadaan cuaca berubah, karena biasanya padi basah akan lebih murah dijual daripada padi kering seperti saat ini. "Mudah-mudahan aja cuacanya mendukung," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template