Disdukcapil Sambang Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disdukcapil Sambang Desa

Disdukcapil Sambang Desa

Written By Angga Praditya on Selasa, 19 Desember 2017 | 21.45.00

Percepatan Perekaman KTP Elektronik

KARAWANG,  RAKA - Bisa jadi terobosan ini bakal menjadi program efektif menjaring warga yang belum melakukan perekaman KTP Elektkronik di wilayah Kabupaten Karawang. Dengan melibatkan fihak kecamatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) berencana melakukan Sambang Desa ke wilayah kecamatan.
Hal itu diungkapkan Kabid Kependudukan Disdukcapil Lilis Jayasutiana kepada Radar Karawang, Senin (18/12). Dikatakannya, program Sambang Desa tersebut sebagai implementasi lanjutan instruksi Sekda H. Teddy Rusfendi Sutisna dalam hal percepatan prekemanan KTP Elektronik. "Kita akan lakukan percepatan perekaman dengan melakukan kunjungan ke tiap-tiap desa disetiap kecamatan," ujar Lilis di ruang kerjanya.
Kata Lilis,  saat ini pihaknya masih terus berusaha melakukan percepatan perekaman KTP el dengan menerapkan sistem seperti halnya kegiatan Paten ditiap-tiap kecamatan. Lilis sendiri tidak menyangkal masih ada wara penerima undangan yang belum melakukan perekaman. "Bagi warga yang sudah mendapatkan surat edaran dari dinas, itu harus segera mungkin melaksanakan perekaman," ujarnya.
Apalagi, terang Lilis syarat yang utama bisa menggunakan hak suara saat pemilihan umum adalah memiliki data perekaman, salah satunya surat keterangan (suket) sebagai pengganti KTP El. "Kita harapkan desa terus mendorong agar masyarakatnya mau melaksanakan perekaman, masyarakat  bisa mendapatkan pelayanan yang disediakan pemerintah baik di Capil, kecamatan dan saat ini capil akan menelusuri keberbagai desa di Kabupaten Karawang," ungkapnya.
Kecintaannya pemerintah kepada masyarakat salah satunya dengan mendorong percepatan perekaman itu bertujuan agar warga mau melaksanakan perekaman sehingga di tahun mendatang terutama para generasi penerus bangsa, yang telah masuk wajib KTP itu mau melaksanakan perekaman. "Salah satunya perekaman itu nantinya akan menbantu masyarakat menentukan pemimpinnya di masa yang akan datang, karena pemilihan di tahun mendatang akan dilihat dari data base perekaman KTP El yang ada di pusat," ujar lilis.
Masih dikatakan Lilis, seperti halnya poin satu surat dari Sekda bahwa pihakbya akan tetap melaksanakan sosialisasi atau menghimbau kepada masyarakat mulai dari rapat minggon Kecamatan, minggon desa di daerahnya masing-masing mengenai perekaman KTP el bagi penduduk wajib KTP yang belum rekam. "Mudah-mudahan target percepatan perekaman bisa selesai sampai akhir tahun ini, khususnya bagi wajib KTP baik yang sudah lama maupun baru," pungkasnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template