Disdukcapil Masih Dikeluhkan Lamban - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disdukcapil Masih Dikeluhkan Lamban

Disdukcapil Masih Dikeluhkan Lamban

Written By Angga Praditya on Sabtu, 02 Desember 2017 | 19.30.00

KARAWANG, RAKA - Keluhan terhadap kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) masih terus dikemukakan. Dari keluhan-keluhan yang tersampaikan rata-rata seragam yakni pelayanan di kantor dinas itu lamban.
Penelusuran Radar Karawang beberapa waktu lalu, pelayanan urusan kependudukan di Disdukcatpil masih berhadapan dengan banyak kendala. Dari urusan jumlah pegawai yang kurang sehingga pelayanan menjadi lamban, sampai kinerja pegawainya yang masih dikeluhkan. Karena itu pula akhirnya dinas inipun melepas sebagian kewenangannya ke tingkat kecamatan. Artinya bagian yang melayani urusan kependudukan tidak hanya ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tetapi untuk tingkat kecamatan pun ada bagian kependudukan yang melayani urusan-urusan terkait masalah kependudukan warganya.
Peran setiap kecamatan harusnya sudah bisa dimaksimalkan terutama dalam hal pelayanan kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) cukup diurus lewat kecamatan. Sehingga masyarakat tidak harus mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengurus bukti kependudukannya. Sayangnya loket pelayanan bagian kependudukan yang berada ditingkat kecamatan ini ternyata masih belum tersosialisasi secara optimal ke masyarakat.
Masyarakat banyak yang belum tahu kalau sekarang kecamatan pun bisa melayani pembuatan kartu keluarga. Padahal disetiap kecamatan yang ada di Karawang sudah ada petugas Disdukcatpil berupa Tenaga Harian Lepas (THL), salah satunya memiliki peran untuk pembuatan KK. Warga Kecamatan Jayakerta ini misalnya dia tahu kalau di kecamatan pun melayani pembuatan Kartu Keluarga justru ketika mengurus Kartu Keluarga (KK) nya di kantor dinas kependudukan itu.
"Saya tidak tahu kalau pembuatan KK cukup lewat kecamatan saja," kata Ridwan seraya menambahkan kalau dirinya tahu di kecamatan juga bisa membuat KK tidak perlu jauh-jauh dia ke Disdukcatpil tetapi cukup di kecamatan saja," ungkap Ridwan (27). Selama ini yang dia tahu untuk mengurus Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Pendudukan (KTP) dan Akte Kelahiran mesti ke Disdukcatpil.
Ketika hal itu dikonfirmasi, secara terpisah Kabid Kependudukan Disdukcatpil Dra. Lilis Jayasutisna, M.Pd mengatakan untuk pembuatan KK cukup di kecamatan masing-masing. Dan tidak perlu harus datang ke Disdukcatpil Karawang karena petugas sudah ada di setiap kecamatan. "Kita memiliki petugas Disdukcatpil berupa THL, mereka sudah digaji dan salah satunya memiliki tugas dalam pembuatan KK," ungkap Lilis. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template