Diajarkan Kode Kehormatan Pramuka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Diajarkan Kode Kehormatan Pramuka

Diajarkan Kode Kehormatan Pramuka

Written By Admin Raka on Rabu, 20 Desember 2017 | 17.30.00

KARAWANG, RAKA - Beberapa pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kotabaru, menjadikan ekstra kurikuler (Ekskul) pramuka sebagai tempat untuk bisa bermanfaat bagi orang banyak, karena dalam ekskul tersebut, diajarkan tentang kode kehormatan yang harus dijalankan, sehingga akan selalu berbuat kebaikan.
Aldi Hermawan, siswa kelas IX I SMPN Kotabaru mengatakan, setiap siswa pasti mempunyai alasan tersendiri dalam mengambil keputusan, begitupun dengan pilihannya. "Saya memilih ekskul pramuka, karena ingin bermanfaat aja untuk orang banyak, soalnya dalam ekskul ini diajarkan tentang kode kehormatan pramuka yang harus dijalankan oleh anak pramukanya." ujarnya, kepada Radar Karawang, Selasa (19/12) kemarin.
Ia mejelaskan, kode kehormatan pramuka, terdiri dari dasa dharma dan tri satya. Isi yang terkandung dalam 2 hal tersebut mengajarkan dirinya untuk selalu berbuat baik, sehingga akan bermanfaat untuk orang banyak. "Dalam dasa dharma peramuka ada 10 poin yang di singkat ta-ci-pa-pa-re-ra-he-di-be-su yang harus kita lakukan dan dalam tri satya ada 3 poin janji pramuka. Demi kehormatan ku aku berjanji akan, kesatu, bersungguh sungguh menjalan kan kewajiban ku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamal kan pancasila. Dua, menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat, dan tiga, menepati dasa dharma," katanya.
Menurutnya, ekskul pramuka adalah tempat yang tepat untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang banyak, karena banyak hal yang diajarkan dalam ekskul tersebut. "Ekskul ini bisa dijadikan tempat untuk melakukan kebaikan dengan kode kehormatannya," tuturnya.
Hal senada dengan siswa lainnya, Geonova Mahardika Luqman mengatakan, ekskul yang dipilihnya itu, mengajarkan dirinya untuk berbuat kebaikan, karena ada kode kehormatan yang harus dijalankan oleh anak pramuka, sehingga akan bermanfaat untuk orang banyak. "Saya pilih ekskul ini, karena ingin bermanfaat untuk orang banyak, karena pepatah mengatakan, sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bermanfaat untuk orang banyak," pungkasnya.(acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template