Di Karawang Foto Donald Trump Juga Dibakar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Di Karawang Foto Donald Trump Juga Dibakar

Di Karawang Foto Donald Trump Juga Dibakar

Written By Angga Praditya on Kamis, 14 Desember 2017 | 19.30.00

KARAWANG, RAKA - Pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Gedung Putih beberapa waktu tentang Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan mengumumkan rencana pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem mengundang reaksi keras di belahan dunia. Di Karawang, reaksi itu diperlihatkan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sebagai bentuk aksi protes terhadap penyataan Trump.
Para aktivis menggelar unjuk rasa di Bunderan Mega Mall sambil menyatakan memboikot produk-produk Amerika yang ada di Karawang. Aksi itu juga disertai pembakaran foto Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang dinilai telah menghianati keputusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui resolusi Dewan Keamanan PBB No 2334 yang menuntut Israel menghentikan semua kegiatan permukiman. Resolusi itu telah divoting dan disetujui pada 23 Desember 2016 dengan suara 14-0, dimana Amerika Serikat abstain.
"Melalui aksi itu HMI menegaskan statement Donald Trump melanggarar Resolusi PBB tanggal 23 Desember 2016. Pernyataan Donald Trump hanya memenuhi janji kampanye basis masa pendukungnya, Dia juga dinilai telah memecah kerukunan umat beragama di dunia selain mencederai nilai-nilai Hak Azazi Manusia masyarakat Palestina dan menyebabkan ketegangan di wilayah tersebut.
Untuk itu, HMI mendorong pemerintah Indonesia agar memboikot produk-produk Amerika Serikat dan Yahudi serta mendorong PBB untuk mengeluarkan Amerika Serikat dari keanggotaan Dewan Keamanan PBB. Pemerintah juga didesak agar mendesak PBB untuk segera menyelesaikan konflik Israel dan Palestina dan mendesak Pemerintah Amerika Serikat untuk mencabut pernyataannya dan mengembalikan Ibu Kota Israel ke Tel Aviv.
"Kami memboikot produk Amerika dan Israel. Ini bentuk perlawanan di bidang ekonomi terhadap kedua negara itu dengan melumpuhkan perekonomiannya," tandas kordinator aksi Suradi Sotan, Rabu (13/12). Suradi melanjutkan aksi yang digelar itu merupakan kepedulian terhadap Palestina yang saat ini sedang memperjuangkan haknya.
Sementara Ketua Umum HMI Cabang Karawang, Rudi Maulana menambahkan sebanyak 25 kader HMI yang ikut dalam aksi tersebut mengecam Donald Trump dengan melakukan berbagai orasi sebagai simbolisasi perlawanannya dengan membakar foster Donald Trump. "Ini aksi kemanusiaan dan merupakan dukungan organisasi HMI Karawang untuk kemerdekaan Palestina. Sedang pemboikotan produk Amerika ini sebagai upaya perlawanannya agar kemerdekaan Palestina dapat dirasakan rakyatnya secara utuh," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template