Dengklok Waspada Difteri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dengklok Waspada Difteri

Dengklok Waspada Difteri

Written By Mang Raka on Rabu, 13 Desember 2017 | 14.30.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Kecamatan Rengasdengklok, gelar sosialisasi bahaya penyakit difteri. Saat ini penyakit tersebut ditetapkan sebagai kejadian luar biasa oleh Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu. Sosialisasi tersebut menyusul ditemukannya sebanyak 17 kasus pengidap difteri di Kabupaten Karawang.
Kesehatan masyarakat saat ini sedang diteror dengan munculnya penyakit atau virus difteri yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang rongga hidung dan tenggorokan, penyakit difteri tersebut tengah menyerang anak-anak ataupun orang dewasa di berbagai wilayah Indonesia, khususnya di Kabupaten Karawang yang hingga saat ini sudah ditemukan 17 orang yang terinfeksi virus tersebut. Atas hal tersebut semua UPTD Kesehatan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar penyakit tersebut dapat diantisipasi secepatnya seperti yang dilakukan oleh UPTD Kesehatan Rengasdengklok, Selasa (12/12) pagi.
Menurut koordinator imunisasi Puskesmas Rengasdengklok Meineni, penyakit difteri tersebut disebabkan karena bakteri corynebacterium diphtheriae yang dapat menghasilkan racun dan merusak jaringan pada tubuh manusia, terutama di bagian rongga hidung dan tenggorokan. "Sebelum virus tersebut menyerang, tentunya kita harus bisa mengenali gejala dan bagai mana cara pencegahannya, maka dari itu kita adakan sosialisasi ini di tiap-tiap kesempatan," ujarnya saat menjelaskan.
Dirinya mengakui di Rengasdengklok belum ada kasus infeksi virus tersebut, namun di Kabupaten sendiri terdapat 17 kasus dan hal tersebut sudah dapat dikatakan kejadian yang luar biasa. "Di rengasdengklok ini memang belum ada kasus yang terserang virus difteri ini, tapi alangkah lebih baiknya kita lebih waspada dan menjaga kesehatan kita," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template