Dawuan Tengah Fokus Garap Jaling dan Japak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dawuan Tengah Fokus Garap Jaling dan Japak

Dawuan Tengah Fokus Garap Jaling dan Japak

Written By Admin Raka on Kamis, 28 Desember 2017 | 15.45.00

CIKAMPEK, RAKA - Dipenghujung tahun beberapa desa di Kecamatan Cikampek diguyur oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Salah satunya adalah Desa Dawuan Tengah, anggaran dana desa tahap dua yang masuk kedesanya itu sudah mulai direalisasikan untuk pembangunan fisik seperti jalan setapak (Japak) dan jalan lingkungan (Jaling).
Kepala Desa Dawuan Tengah Jejen Jaenal Arifin,ST menyampaikan, anggaran dana desa tahap dua digunakan untuk peningkatan pembangunan. Besar harapan pembangunan tersebut bisa berdampak positif untuk perkembangan warganya. "Untuk dana desa tahap dua, lebih menargetkan ke perbaikan infrastruktur jalan di 6 dusun yang ada di desa ini," ungkap Jejen, kepada Radar Karawang, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (27/12).
Ia melanjutkan, besar anggaran yang diperoleh sebesar Rp 500 juta. Dengan anggaran tersebut pembangunan di desa yang dipimpinnya dapat berkembang pesat. Bahkan jaling dan japak juga berangsur selesai. "Kalau untuk jalan-jalan besarnya sudah tuntas diperbaiki. Kini tinggal perbaikan jaling dan japak saja, seperti di Dusun Purbasari dan Dusun Pajaten misalnya, dengan perbaikan variatif, untuk total keseluruhan perbaikan di 6 dusun ini, ada seribu meter semuanya," paparnya.
Dia juga menyampaikan, alasan mendasar realisasi anggaran tersebut lebih menitik beratkan terhadap pembangunan infrtruktur jalan, dikarenakan dengan infrastruktur jalan yang baik. Maka tentu sangat berguna dalam meningkatkan roda perekonomian yang ada diwilayahnya. Maka dari itu, melalui perbaikan infrastruktur tersebut dipastikan tingkat pendapatan warga akan dapat meningkat. "Kemajuan ekonomi suatu wilayah itu dilihat dari seberapa baik infrastrukturnya. Karena kalau infrastruktur jalannya bagus, akses transportasi akan lebih cepat, jadi bisa menjadikan pendapatan warga bisa ditingkatkan," ujarnya.
Meski saat ini, rencana program kerja di tahun 2018 Desa Dawuan Tengah lebih ke bidang infrastruktur jalan. Akan tetapi, berbagai bidang kesehatan, pendidikan dan penanaman modal usaha menjadi prioritasnya. "selain infrastruktur, kami juga tingkatkan di bidang kesehatan dengan peningkatan fasilitas posyandu dan pelatihan kadernya, terus penanaman modal usaha yang memang sudah berjalan melibatkan lembaga karang taruna dengan adanya usaha bengkel dan kerajinan kursi duduk dari drum bekas, serta di bidang peternakan sudah ada peternakan kambing, ayam, bebek, kolam ikan," bebernya. 
Karena sebelumnya, tambah Jejen, sering dilakukan pelatihan peningkatan skil dengan menggandeng Disnaker Karawang. Maka, dengan adanya usaha perbengkelan akan menjadi wadah kreativitas pemuda di wilayah ini yang sudah dibekali sebelumnya dalam bidang otomotif. "Nah untuk usaha bengkel, itu merupakan realisasi dari pelatihan kemampuan pemuda disini diberbagai tingkat lulusan pendidikan, jadi kami wadahi mereka dengan membuat usaha bengkel bersama," ucapnya.
Faisal Muhammad (22), warga Desa Dawuan Tengah menambahkan, memang selama ini berbagai pelatihan skil di bidang otomotif terus digencarkan. Hal itu bertujuan untuk  meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM). "Iya memang suka ada pelatihan itu kerjasama dengan pihak Disnaker, jadi meski para peserta yang ikut pelatihannya mulai dari lulusan SD, SMP dan SMA/SMK, pihak desa sudah menyiapkan penyalurnya dengan adanya usaha bengkel," tandasnya.(ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template