Dana Desa Tahap II Desa Kamojing Rp326.254.000 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Desa Tahap II Desa Kamojing Rp326.254.000

Dana Desa Tahap II Desa Kamojing Rp326.254.000

Written By Angga Praditya on Sabtu, 02 Desember 2017 | 11.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Untuk mempercepat target pembangunan, berbagai anggaran yang tersedia terus diserap oleh Pemerintahan Desa Kamojing, salah satunya adalah dana desa tahap II. Desa yang berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta itu mendapat kucuran dana desa tahap II sebesar Rp326.254.000, saat ini pihak pemerintahan desa mulai merealisasikan dana tersebut.
"Untuk Dana Desa Tahap II dipergunakan infrastruktur jalan, kesehatan, pendidikan, BUMDes, tata kelola pemerintah desa dan pengadaan alat kebudayaan gamelan yang diperuntukan menjadi sarana dan prasarana bagi para siswa dan warga untuk mempelajari alat musik tradisional ini," ujar Sekdes Kamojing Heryadi.
Menurutnya, rincian anggaran untuk realisasi program tidak sama rata, sesuai dengan kebutuhannya. Tetapi untuk besaran secara keseluruhan adalah Rp326.254.000. Untuk bidang infrastruktur dia menyebutkan sejumlah titik yang akan diperbaiki. "Perbaikan jalan lingkungan dilakukan di lima RT, di RT 11/05 dengan panjang perbaikan 95 meter, lebar 2 meter, tinggi 10 meter anggarannya Rp31 Juta, RT 05 dengan panjang 21 meter dianggarkan Rp9 juta, untuk RT 02 panjang perbaikan jalan 40 meter lebar 1,5 Meter anggarannya Rp 11 Juta, sedangkan RT 04 panjangnya 65 meter lebar 6,2 meter dengan anggaran Rp 14 juta," paparnya.
Sedangkan, lanjut Hery, untuk bidang lainnya, seperti kesehatan dengan pengadaan meja posyandu dan PMT, serta dibidang pendidikan pengadaan buku-buku pelajaran dan bidang kelola pemerintah desa juga ikut masuk untuk menyerap anggaran tersebut. "Jadi untuk bidang pendidikan dan kesehatan total anggaran yang diberikan di bidang itu dari dana desa tahap II ini sebesar Rp81 juta, tata kelola pemerintah desa Rp40 juta dan untuk BUMDes Rp 122 juta, karena ini sudah ada aturannya untuk," ucapnya.
Diakuinya, jika memang dibenarkan dalam proses pembuatan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dana desa ditahap I dulu, hanya beberapa desa saja yang sudah rampung. Alhasil, dalam pencairan dana desa tahap II, tidak secara serempak terkucurkan. Karena masih ada beberapa desa yang belum tuntas pengajuannya. "Iya untuk yang sudah cair sebenarnya ada Desa Cikampek Kota dan Kamojing yang kita tahu anggarannya sudah cair, maka itu saat ini sudah ada beberapa yang akan teresalisasi nantinya," katanya.
Hal senada disampaikan Kades Kamojing Catim, dana desa memang diperuntukan meningkatkan pembangunan di yang dipimpinnya. "Iya kami sudah mau mulai perbaikan pengerjaan jalan rusak di beberapa titik yang memang itu hanya sisa-sisa dari tahun sebelumnya sih, dan untuk yang lainnya, kami sudah ada pengadaan alat kreativitas untuk warga di bidang kebudayaan dan bidang lainnya," ujarnya.
Dia berharap, dengan cepatnya kucuran dana desa tersebut, mampu meningkatkan berbagai aspek bidang yang ada di desanya. Bahkan dia mengklaim pemerintahan desa tidak pernah menutup-nutupi anggaran yang masuk dan dikelola oleh desa. "Untuk transparansi anggarannya, secara rinci kami sudah buatkan spanduknya (yang dipajang) di depan, jadi warga biar tahu rinciannya juga," pungkasnya.(ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template