Dana Desa 11 Desa Terancam Dibekukan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Desa 11 Desa Terancam Dibekukan

Dana Desa 11 Desa Terancam Dibekukan

Written By Admin Raka on Senin, 11 Desember 2017 | 12.45.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Mau tutup tahun 2017, dana desa tahap 2 masih belum dinikmati 11 desa di Kabupaten Karawang. Alasannya klasik, selain mampet soal surat pertanggungjawaban (SPJ) tahap sebelumnya, ajuan dana yang bersumber APBN untuk tahap 2 juga masih belum masuk meja Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Meski demikian, pemerintah pusat masih berbaik hati karena 11 desa yang tertinggal gerbong tersebut, diberi toleransi sampai Juli tahun 2018.
Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Cilamaya Wetan H Udin Abdul Gani mengatakan, di kecamatannya masih ada satu desa yang masih belum mengajukan dana desa tahap II tahun ini, yaitu Desa Tegalsari. Entah apa yang jadi kendala bagi desa-desa yang masih macet membuat SPJ maupun pajak dana desa saja, dirinya tidak tahu persis. Humas Apdesi ini juga mempertanyakan apakah 11 desa yang belum mengajukan dana desa tahap II ini juga jadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan atau tidak, yang jelas Apdesi maupun IKD di masing-masing desa sudah mengingatkannya agar segera diselesaikan. "Menurut informasi masih ada batas toleransi hingga tahun 2018 mendatang untuk diselesaikan. Jika tidak, dana desa tahap II tahun 2017 dibalikan lagi ke kas negara alias tidak terserap," katanya.
Camat Tempuran Suwandi S.IP mengatakan, pihaknya tak menampik satu diantara desa di kecamatannya masih belum mengajukan dana desa tahap II,  yaitu Desa Lemahmakmur. Namun, sejauh ini masih proses administrasi SPJ yang diupayakan bisa segera selesai. "Iya tinggal administrasi proses SPJ saja," katanya.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Kabupaten Karawang Ade Sudiana mengatakan, dari 297 desa masih ada 11 desa lagi yang belum mengajukan dana desa tahap II hingga menjelang akhir tutup tahun ini. Terakhir yang mengajukan Senin ini adalah Desa Mekarjaya.
Kendalanya sebut Ade, masih seputaran SPJ tahap 1 yang belum dibuat, begitupun dengan nominal pajak dana desa tahap I belum dibayar. "Bagaimana SPJ mau bisa dibuat, kalau pajaknya saja belum dibayar," katanya. (rud)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template