Dana Bagi Hasil Bisa Melayang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Bagi Hasil Bisa Melayang

Dana Bagi Hasil Bisa Melayang

Written By Angga Praditya on Senin, 04 Desember 2017 | 12.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Dana bagi hasil Rp 50,7 miliar yang ditunggu-tunggu pemerintah desa terancam tidak bisa dicairkan tahun ini, dan jadi luncuran tahun depan kalau proposal pencairan tidak segera diajukan.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Ade Sudiana mengatakan, batas akhir pengajuan dana bagi hasil bisa sampai akhir bulan ini. Jika tidak, dana tersebut menjadi luncuran di tahun berikutnya. "Segera ajukan pencairannya karena juknis (petunjuk teknis) sudah diberikan. Jika telat nanti jadi luncuran di tahun berikutnya," ungkapnya kepada Radar Karawang.
Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Cilamaya Wetan  H Udin Abdul Gani mengatakan, hari ini pengajuan pencairan dana bagi hasil harus dikirimkan ke DPMD. Jika berkas dan ajuan tidak ada kesalahan, dana bagi hasil akan cair dalam waktu dua hingga tiga hari. "Sebetulnya uangnya sudah ada," ujarnya.
Ia melanjutkan, tidak ada alasan pemerintah desa tidak segera mengajukan dana bagi hasil, Pasalnya, petunjuk pelaksanaan (juklak) dan juknis, peraturan bupati hingga format ajuan sudah ada. "Tinggal ngisi-ngisi saja kang sesuai dengan pagunya, kalau gak ada kesalan dua hari juga DBH langsung cair," katanya.
Ketua IKD Lemahabang Solehudin mengatakan, komando dari DPMD agar segera mengajukan proposal sudah ada. Namun dirinya belum hafal kapan desa-desa di Kecamatan Lemahabang mulai bergerak membuat ajuan di tengah waktu yang sudah mepet ke akhir tahun. "Cuma belum tahu kapan kita mengajukan di Lemahabang," katanya. 
Senada dikatakan Kades Lemahabang Rusli Sumawinata, pihaknya tinggal menunggu juklak juknis pengajuannya saja,  karena kabarnya DBH sudah siap dicairkan. "Siap, masih menunggu arahan juklak-juknis," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template