Curug Cipurut - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Curug Cipurut

Curug Cipurut

Written By Angga Praditya on Jumat, 08 Desember 2017 | 11.15.00

Sejuk Pisan 

WANAYASA, RAKA - Purwakarta mempunyai banyak potensi wisata alam. Diantaranya Curug Cipurut di kawasan cagar alam Gunung Burangrang, Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa. Jarak tempuh menuju lokasi dari pusat kota mencapai 30 kilometer.
Curug tersebut mempunyai air terjun yang masih alami. Untuk bisa merasakan eksotisnya air terjun Cipurut, pengunjung harus berjalan menempuh 20 menit dari perkampungan sekitar dan melewati area perkebunan teh. Curug Cipurut berada di tengah-tengah Gunung Burangrang. Dengan suasana yang asri dan belum tersentuh pembangunan apapun.
Seorang pengunjung Eka mengatakan, baru pertama kali mengunjungi Curug Cipurut. "Baru pertama kali kesini, enak sih udaranya masih sejuk. Walaupun aksesnya masih kurang memadai, tapi asyik sambil jalan-jalan," ujarnya kepada Radar Karawang, Kamis (7/12).
Salah seorang pengelola, Abah mengatakan, Curug Cipurut dikelola secara swadaya oleh warga setempat. "Daripada jauh-jauh wisata, kalau mau main dekat. Enggak perlu bayar, tetapi lama-kelamaan yang jauh juga pada datang," kata Abah.
Hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 per orang, pengunjung dapat menikmati pesona air terjun. Di dalam area seluas 4 hektare, sedikitnya terdapat tiga bagian curug, yaitu curug utama dengan ketinggian 25-30 meter yang terdapat di ujung tebing. "Kalau Sabtu dan Minggu, seharinya bisa 100 pengunjung. Semua warga ikut bantu kelola, terutama soal kebersihan. Kan ini enggak boleh diapa-apakan (ditata). Banyak juga yang kemah," ujar Abah. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template