BUMDes Cikampek Pusaka Garap Gas Elpiji 3 Kg - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BUMDes Cikampek Pusaka Garap Gas Elpiji 3 Kg

BUMDes Cikampek Pusaka Garap Gas Elpiji 3 Kg

Written By Angga Praditya on Senin, 25 Desember 2017 | 11.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Desa (PADes). Oleh karenanya setiap desa memiliki BUMDes yang bergerak dibidang yang berbeda-beda, untuk Desa Cikampek Pusaka bergerak di bidang simpan pinjam, peternakan dan usaha gas elpiji.
"Dengan mengefektifkan lembaga BUMDes setidaknya tujuan kami untuk mempersempit ruang gerak rentenir atau bank emok sudah mulai teratasi. Kini warga bisa melakukan peminjaman modal ke BUMDes, prosesnya juga mudah," terang Direktur BUMDes Cikampek Pusaka Ahmad Jaenudin, kepada Radar Karawang, Jumat (22/12).
Ahmad melanjutkan, pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini, tidak hanya ditargetkan dalam bentuk usaha simpan pinjam saja. Namun bidang peternakan dan usaha pangkalan gas juga berjalan cukup baik. Hal itulah yang membuat saat ini keberadaan BUMDes dapat memberikan pemasukan terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes). "BUMDes kami bentuk usahanya ada simpan pinjam, terus anggota peternakan yang saat ini sudah menjadi anggota di bidang peternakan BUMDes berjumlah 13 orang peternak kambing saat ini kami sudah memiliki 27 ekor kambing itu murni usaha BUMDes," katanya.
Bahkan, tambah Dia, untuk BUMDes simpan pinjam yang dilakukan lembaga tersebut lebih mengoptimalkan para pelaku usaha. Mulai dari pedagang keliling hingga pengusaha toko yang ada di wilayah desanya. "Untuk anggota BUMDes di usaha simpan pinjam kami sudah ada 150 orang lebih, alhamdulilah ini berjalan lancar. Karena untuk usaha simpan pinjam kami lebih prioritaskan kepada para warga pedagang," ucapnya.
Dia menyampaikan, saat ini BUMDes Cikampek Pusaka menjadi yang terbaik di Cikampek dan mewakili Cikampek untuk tingkat kabupaten. "Sekarang BUMDes sedang merintis kebidang kebutuhan pokok yaitu unit kerjasama BUMDes pangkalan gas. Dengan seminggu tiga kali pengiriman gas ke pangkalan BUMDes, dengan DO 560 tabung gas melon," paparnya.
Dia menjelaskan, untuk setiap tahunnya pengelolaan BUMDes di Desa Cikampek Pusaka terus memberikan pemasukan untuk PADes. Hal itu yang membuat lembaga BUMDes di desa ini berjalan efektif. "Modal BUMDes di desa ini pertahun diangka Rp121 juta, alhamdulilah setiap tahunnya itu kami berikan pemasukan PAD sebesar Rp4 juta, karena kan dari hasil usaha BUMDes ini 50 persen untuk pengelola, 20 persen penambahan modal dan 10 hingga 20 persen PADesnya," ucapnya.
Deni pemilik usaha bubur ayam keliling merupakan nasabah BUMDes Cikampek Pusaka menambahkan, proses simpan pijam yang dilakukan pihak pengelola BUMDes di desa ini cukup baik. Hal itu bisa dilihat dari tidak sulitnya melakukan proses penambahan modal usaha. "Nah iya, mending simpan pinjamnya ke BUMDes aja. Karena selain cepat, ini juga sangat mudah. Yang terpenting kami pembayarannya pasti, karena kalau di desa ini itu seminggu sekali, jadi kami juga merasa terbantu sekali sih," tandasnya.(ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template