Buat Akta Kelahiran Bisa Lewat Online - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Buat Akta Kelahiran Bisa Lewat Online

Buat Akta Kelahiran Bisa Lewat Online

Written By Angga Praditya on Rabu, 06 Desember 2017 | 14.15.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) siap-siap meluncurkan sistem pembuatan akta kelahiran secara online. Di akhir tahun ini program tersebut sudah harus berlakukan. Makanya sejak 4 Desember kemarin dilakukan sosialisasi dan berakhir 15 Desember mendatang.
Staf Ahli Bagian Akta Kelahiran Disdukcapil Hasan Habsyi mengatakan itu kepada Radar Karawang, Selasa (5/12) di ruang kerja Kadisdukcapil Yudi Yudiawan. "Untuk saat ini kita masih menggunakan WhatsApp tidak langsung ke web, karena penggunannya lebih mudah," ungkapnya. Hasan menuturkan sosialisasi yang dilakukan Disdukcatpil menjelang diberlakukannya sistem pendaftaran online akta kelahiran.
Dikatakan Hasan, untuk persyaratan boleh di foto atau discan dan hasil foto atau scan harus jelas dan dapat dibaca. Kemudian masyarakat bisa langsung mengirimkan ke nomor WhatsApp pendaftaran online tersebut. "Jika persyaratan sudah lengkap akan langsung diproses, tetapi kalau belum lengkap kami akan menginformasikannya melalui WA," paparnya.
Jika banyak masyarakat yang bertanya kapan bisa selesai, kata Hasan, jika persyaratan telah memenuhi syarat yang telah ditentukan itu dalam jangka satu hari bisa langsung diambil. Ada juga yang bertanya bagaimana cara pengambilannya. Hal itupun dijelaskan Hasan kalau masyarakat hanya perlu membawa persyaratan berkas fisiknya ke Disdukcapil dan nanti mendapatkan informasinya melalui WA. "Alhamdulillah sosialisasi sudah mualai berjalan ke setiap kecamatan dan desa. Kita juga lakukan di Facebook Disdukcapilkarawng yang berlogo pemda Karawang," ungkapnya.
Masih dikatakan Hasan, inovasi yang dilakukan Disdukcapil tidak hanya terbatas terhadap layanan online pendaftaran dokumen kependudukan tetapi dinasnya akan terus berinovasi untuk semakin mengefektifkan pelayanan. "Dua minggu ini kita sudah lakukan sosialisasinya dan responsnya bagus dan nanti efektifnya akan dilakukan di tahun 2018 mendatang," ungkapnya.
Sementara itu Kadisdukcapil Yudi Yudiawan menyampaikan dirinya akan terus berusaha memberikan pelayanan agar lebih baik lagi terhadap masyarakat sehingga tidak kalah dengan dinas-dinas lainnya yang telah mengeluarkan pelayanan sistem online. Kini capil pun layanan online.  "Kita juga sekarang punya layanan online meski baru efektif 2018 mendatang," ungkap Yudi. (apk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template