Bantuan Traktor ke Gapoktan Dihentikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bantuan Traktor ke Gapoktan Dihentikan

Bantuan Traktor ke Gapoktan Dihentikan

Written By Admin Raka on Minggu, 31 Desember 2017 | 16.00.00

Diduga Banyak Penyelewengan

RAMAWAMERTA, RAKA- Kementerian Pertanian Republik Indonesia mulai tahun 2017 dan seterusnya akan mensetop distribusi bantuan traktor langsung ke masing-masing Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), hal tersebut menyusul banyaknya pelaporan penyalahgunaan penggunaan traktor dari masing-masing gapoktan. Selanjutnya bantuan traktor tersebut didistribusikan kepada Brigade Pertanian kabupaten dan kecamatan.
Menurut petugas Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan Kementrian Pertanian, Dedi Ruswansyah, penyalahgunaan penggunaan mesin traktor yang dilakukan oleh masing-masing gapoktan yang berada di setiap desa, mulai dari traktor pemerintah yang masih sama dengan harga sewa traktor umum, mengakibatkan banyak petani kesulitan saat meminjam mesin traktor kepada gapoktan, sehingga banyaknya mesin traktor bantuan pemerintah yang dijual oleh kelompok tani membuat Kementerian Pertanian menghentikan distribusi bantuan mesin traktor langsung kepada ketua kelompok tani dan ketua gapoktan. "Mulai 2017 semua bantuan traktor akan didistribusikan kepada masing-masing Brigadir pertanian pemerintah  seperti UPTD Pertanian dan koramil kecamatan," katanya kepada Radar Karawang.
Alasan semua bantuan alat pertanian didistribusikan ke masing-masing Brigade pertanian, karena banyaknya laporan bahwa bantuan alat pertanian dimiliki secara pribadi oleh masing-masing ketua gapoktan maupun ketua kelompok tani. Dirinya berharap, semua dinas yang berada di masing-masing kabupaten, agar dapat membuat pribadi pertanian di masing-masing desa agar bantuan alat pertanian dapat didistribusikan ke pribadi pertanian desa untuk memudahkan petani meminjam alat alat pertanian tersebut. Namun hingga saat ini belum ada ketegasan tentang penyalahgunaan bantuan pertanian yang dilakukan oleh para ketua kelompok tani maupun ketua gapoktan.(rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template