Bank Keliling Sulit Diberantas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bank Keliling Sulit Diberantas

Bank Keliling Sulit Diberantas

Written By Angga Praditya on Jumat, 01 Desember 2017 | 16.00.00

KOTABARU, RAKA - Bank Keliling atau yang sering disebut Bank Emok marak di wilayah Kecamatan Kotabaru. Meski banyak memberikan efek negatif terhadap kehidupan sosial masyarakat, namun pemerintah kesulitan untuk memberantasnya karena mereka memiliki izin.
Sekcam Kotabaru H Badru Tamam menyampaikan, sebelumnya  warga di wilyahnya, mengeluhkan tentang keberadaan bank keliling yang berada di wilayah Rawamas, Kecamatan  Kotabaru.  Hal itu memicu ketidak kondusifan lingkungan diwilayah tersebut. "Jangan sampai, kejadian ini terjadi juga diwilayah desa lain. Maka dari itu, untuk seluruh desa yang ada di kecamatan ini, agar tidak dengan mudah memberikan izin terhadap bank keliling, yang memang tidak sedikit merugikan  masayrakat," terang Badru, kepada Radar Karawag.
Badru melanjutkan, jika keberadaan  bank -bank tersebut disinyalir berkedok koperasi. Hal itu yang menjadi kesulitan dalam memberantasnya. "Mereka berkedok koperasi,  kita sudah lakukan kordinasi dengan pihak polsek dan para aparat desa untuk persoalan  ini," ujarnya.
Dia menegaskan, masih banyak kantor-kantor bank keliling yang bermunculan di wilayah Kecamatan Kotabaru. Bahkan dia memastikan setiap desa keberadaannya terus berkembang. "Seperti di Wancimekar pun, ada kantor bank keliling,  yang memang berkedok koperasi, ternyata keberadaann bank emok diwilayah kecamatann ini, sudah menimbulkan keluhan warga. Maka dari itu, jangan sampai ditutup di desa ini, malah muncul di desa lainnya," tegasnya.
Kades Wancimekar Alih Miharja mengatakan, memang benar bahwa di wilayahnya ada dua titik lokasi bank yang berlabel koperasi. Namun secara sarat dan prasarat, sudah memenuhi. Hal tersebut dikarenakan adanya izin lingkungan  yang dimiliki pihak perusahaan tersebut. "Iya memang di Desa Wancimekar ada, itu di dua wilayah, satu di wilayah perumahan Rancamanyar, satu lagi di Perumahan PMI, cuman keduanya memang memiliki izin lingkungan, makanya mereka buka kantornya disitu," ucapnya.
Saat disinggung perihal keberadaan Bank keliling berkedok koperasi. Dirinya, tidak mengetahui pasti tentang cara kaerja perusahaan tersebut. Akan tetapi, sejauh ini masyarakat di wilayah Desa Wancimekar, masih dalam keadaan kondusif. "Tapi sejauh ini belum ada warga yang mengeluh atau bagaimana, kalau di Rawamas itu memang, cuman  kalau disini tidak ada, jadi walaupun keberadaan bank keliling dikeluhkan dan diminta pihak kecamatan untuk segera ditindak, mereka memiliki izin yang sah," pungkasnya.(ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template