Awas, Jangan Sampai Dana Desa Dipakai Liburan Tahun Baru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awas, Jangan Sampai Dana Desa Dipakai Liburan Tahun Baru

Awas, Jangan Sampai Dana Desa Dipakai Liburan Tahun Baru

Written By Mang Raka on Rabu, 13 Desember 2017 | 20.00.00

CIAMPEL, RAKA - Pemerintahan desa yang ada di Ciampel diminya untuk hati-hati dalam menggunakan anggaran yang masuk ke desa, terlebih anggaran dana desa yang cair dipenghujung 2017. Pasalnya salah sedikit saja dalam pengunaan dana desa, maka dampaknya bisa berbahaya untuk perangkat desa terutama kepala desa.
Sekretaris Camat (Sekcam) Ciampel Irlan Suarlan mengatakan, tercatat dari tujuh desa yang ada di wilayah Kecamatan Ciampel. Desa yang sudah mendapatkan pencairan dana desa tahap dua nominalnya mencapai ratusan juta. Kondisi tersebut justru membuat dia khawatir ada oknum perangkat desa yang menyalah gunakannya, terlebih pencairan dilakukan dipenghujung tahun dimana setiap orang bakal lebih banyak keperluan. "Alhamdulilah di bulan akhir ini semua sudah mulai mendapatkan pencairan, yang menjadi khawatir kita, uangnya tidak digunakan dengan seharusnya," akunya.
Dengan menjelang akhir tahun bisa saja kata dia, kepala desa lebih mementingkan liburan di akhir tahun dan memilih untuk pulang kampung. Nominal anggaran yang mencapai sampai ratusan juta itu menurutnya diperuntukan infrastruktur, penyertaan modal bumdes, pendidikan dan kesehatan serta tata kelola pemerintahan kantor desa. "Untuk pelaksanaanya juga sudah dijelaskan, jadi jangan harap kepala desa bisa menggunakan anggaran itu untuk kegiatan yang lain apalagi sampai pergi berlibur di akhir tahun," ungkapnya.
Besaran kucuran dana desa tahap kedua untuk wilayah Kecamatan Ciampel tercatat Desa Kutamekar sebanyak Rp327.873.600, Desa Tegalega Rp329.358.000, Desa Mulyasari Rp327.575.200, Desa Kutanegara Rp364.150.400, Desa Parungmulya Rp359.363.600, Desa Kutapohaci Rp337.342.000 dan Desa Mulasejati Rp354.632.400. "Untuk tahap ke dua saja, besaran anggaran yang sudah turun diatas Rp300 juta semua," terangnya.
Maka dia meminta agar pelaksanaan dana desa atahap dua tersebut bisa diperuntukan dengan sebaik mungkin. Jangan sampai penggunannya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan sesuai aturannya. Karena bagimanpun pemerintah yang sudah menurunkan anggaran tersebut untuk pembangunan yang bisa dirsakan manfaatnya oleh masyarakat banyak. "Momen pencairannya di akhir bulan, rentan bahaya untuk dijadikan liburan, saya harap tidak ada dan semua bisa berjalan dengan sesuai," harapnya.
Hal serupa disampaikan Camat Ciampel Agus Sugino, ada kabar gembira untuk Kepala Desa yang ada di Wilayah Ciampel, saat ini anggaran dana desa tahap dua sudah mulai bisa dicairkan di akhir bulan ini. Namun dia juga berpesan agar pelaksananya penggunaan anggaran bisa dengan tepat sasaran. "Alhamdulilah semua desa sudah bisa mencairkan dana desa tahap kedua," akunya.
Sementara Kepala Desa Kutapohaci Hj N Kami mengaku akan melaksanakan anggaran dana desa tahap dua sesuai dengan peruntukannya yaitu untuk infrastruktur jalan dan yang lainnya. "Iya udah, nanti akan kita gunakan sesuai dengan yang dibutuhkan (sesuai dengan aturan)," ujarnya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template