Awas, Bahaya Kanker Serviks - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awas, Bahaya Kanker Serviks

Awas, Bahaya Kanker Serviks

Written By Admin Raka on Jumat, 22 Desember 2017 | 15.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional di tahun ini, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Sentul Cikampek, menggelar seminar kesehatan dengan tema Reproduksi Wanita Kanker Serviks. Acara yang digelar di Aula Lantai 2 itu diikuti oleh 55 peserta ibu-ibu komunitas RSIA Sentul Cikampek. Kamis (21/12).
Direktur RSIA Sentul Cikampek dr.H Budi Santoso,SpOG,MMRS menyampaikan, kegiatan tersebut diadakan untuk memperingati Hari Ibu Nasional di tahun ini. Kegiatan tersebut juga sudah menjadi program kerja tahunan. Adapun para peserta yang menghadiri seminar tersebut merupakan ibu-ibu yang terhimpun dalam komunitas rumah sakit tersebut. "Yang datang begitu banyak ini merupakan grup komunitas kami di medsos, dengan memberikan pengetahuan seputar penyakit kanker serviks yang menyerang terhadap ibu-ibu diusia produktif 30 tahun hingga 40 tahun," terang Budi, kepada Radar Karawang, Kamis (21/12).
Budi melanjutkan, tingginya isu-isu kesehatan yang menyerang terhadap kesehatan wanita, menjadikan alasan kuat untuk dipemaparankannya materi kanker serviks. Adapun harapan dari dilakukannya seminar tersebut adalah ibu yang menjadi peserta seminar bisa mengetahui secara pasti penyebab kanker serviks, sehingga mereka bisa terhindar dari kanker tersebut. "Infeksi virus menular ini bisa selama 10 tahun hingga 50 tahun, dulu itu banyak dialami para wanita yang bekerja sebagai PSK, tapi sekarang itu kebanyakan ibu-ibu rumah tangga. Maka itu, berbagai materi mulai dari gejala sampai tindakan pengobatan dan pencegahan dituangkan dalam seminar kali ini, biar menambah wawasan para ibu-ibu disini. Karena kanker serviks yang berbahaya dan menular ini hanya dialami para kaum wanita," katanya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, serviks atau leher rahim adalah bagian terendah dari rahim yang menonjol kepuncak liang senggama atau Vagina. Kanker serviks ini meurpakan tumor ganas yang terjadi pada leher rahim yang bisa menyebabkan kematian. Faktor resiko kanker serviks tidak hanya disebabkan oleh pemakaian obat yang ditaburkan bahkan dimasukan kedalam. Namun, banyaknya anak dapat dinilai rentan terjangkit penyakit tersebut. "Penyebabnya, bisa dari seks bebas atau gunta ganti pasangan saat bersenggama, wanita yang merokok, makanan cepat saji dan pemakaian obat-obatan yang dimasukan atau ditaburkan kedalam mulut rahim, sehingga itu terjadi perubahan dan membuat gejala tersebut muncul," katanya.
Untuk mencegah tidak terkena penyakit kanker serviks yang rentan terhadap wanita diusia produktif, harus dilakukan vaksinasi selama tiga kali dibulan pertama dan ke lima sedangkan pemberian pap smear hanya 1 kali saja dalam setahun. "Untuk yang di vaksin itu 10 tahun sampai 55 tahun. sedangkan penyuntikan papsmear dilakukan untuk wanita yang sudah menikah," ucapnya.
Dia menambahkan, program kerja rumah sakit Ibu dan Anak Sentul Cikampek yang dikemas dalam bentuk seminar tersebut, akan menjadi program rutin kedepannya. Karena antusias ibu-ibu dikomunitas dan warga umum sangat tinggi. "Jadi kedepannya per tiga bulan sekali akan diadakan, sebagai upaya pencegahan kepada masyarakat biar tidak terkena penyakit menular ini," ujarnya.
Peserta seminar, Wiwi, menyampaikan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kaum ibu yang masih awam terhadap gejala serta bahayanya penyakit kanker serviks. "Ini bagus sekali yah, bisa menambah pengetahuan buat kami yang masih buta dengan kanker serviks, setidaknya sekarang jadi tahu lebih mendalam," ujar ibu rumah tangga yang merupakan warga Cikampek.(ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template