Antisipasi Banjir, Drainase Desa Cikampek Utara Dibersihkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Antisipasi Banjir, Drainase Desa Cikampek Utara Dibersihkan

Antisipasi Banjir, Drainase Desa Cikampek Utara Dibersihkan

Written By Angga Praditya on Sabtu, 02 Desember 2017 | 13.00.00

KOTABARU, RAKA - Memasuki musim penghujan kekhawatiran warga akan bencana banjir cukup besar. Oleh karenanya untuk mencegah terjadinya banjir, sejumlah drainase di wilayah Desa Cikampek Utara dibersihkan dari sampah yang menjadi penghambat aliran air.
"Mengingat saat ini musim hujan, khawatir banyak persoalan yang muncul. Salah satunya banyak warga yang sakit. Oleh karena itu, kami coba mengajak warga untuk mengaktifkan kegiatan kerja bakti yang dilakukan secara kontinu dari satu wilayah ke wilayah lain," ujar Bhabintibmas Desa Cikampek Utara Bripka Abdul Rahman, kepada Radar Karawang, saat kerja bakti di Dusun Cikampek Utara, Kampung Baru dan Perumahan Regency.
Hal itu dilakukan biar lingkungan di desa yang menjadi binaannya bersih dan tidak ditemukan saluran air yang mampet, karena hal itu bisa menjadi penyebab banjir. Selain itu, kebersihan lingkungan juga dilakukan guna memberikan kesehatan kepada warga. Karena beberapa hari lalu aparatur desa secara bersamaan terserang sakit. Oleh karenanya, untuk menjaga stabilitas wilayahnya terus terjaga, gotong royong gencar dilakukan. "Tiga minggu kemarin banyak juga aparat desa yang sakit. Ya, selain karena faktor cuaca. Ini juga bisa saja dari lingkungan sekitar kita yang kurang bersih, makanya saya coba untuk ajak warga mau bersama-sama jaga lingkungannya," ucapnya.
Meski belum  pernah terjadi banjir, lanjut Rahman, namun upaya dalam pencegahan meski dilakukan. Salah satunya, tidak sedikit saluran drainase di setiap dusun harus dibersihkan. Hal tersebut dikarenakan, banyaknya saluran yang sudah terpadati tanah dan sampah. "Jadi biar air bisa berjalan lancar, makanya kami juga coba perbaiki saluran-saluran yang ada di setiap dusun," paparnya.
Sebelumnya, Kades Cikampek Utara Umar, membenarkan memasuki musim penghujan, tidak sedikit warganya yang terserang sakit. Bahkan hal itu pun dialami para petugas desa. Maka dari itu, agar tidak memperparah keadaan. Giat kerja bakti menjadi prioritas program minggon desa yang selalu digulirkan. "Iya bahkan hampir semua pegawai desa sakit. Ya mungkin karena cuaca juga, jadi untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain dengan menjaga pola makan, kita terus ingatkan warga untuk selalu mau terus melaksanakan kerja bakti," ujarnya.
Karena, kata dia, rendahnya kesadaran terhadap lingkungan akan menjadi pemicu berbagai persoalan di wilayahnya. "Saya berharap, agar semua  warga selain aktif kerja bakti. Harus ditingkatkan juga keamaan di setiap pemukiman, apalagi sekarang musim hujan," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template