Anggaran Jembatan Tergeser ke Dengklok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anggaran Jembatan Tergeser ke Dengklok

Anggaran Jembatan Tergeser ke Dengklok

Written By Admin Raka on Sabtu, 16 Desember 2017 | 16.00.00

KW 6 Tidak Termasuk Prioritas Program 2018

KARAWANG, RAKA - Harapan warga Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat memiliki jembatan sebagus jembatan KW 4 di Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur pupus sudah, setelah ditunggu sejak 2016. Untuk 2018 mendatang tidak ada anggaran yang dialokasikan buat pembangunan jembatan di wilayah itu. Awal 2017 lalu sempat menyeruak informasi jembatan KW 6 di daerah tersebut akan mengalami renovasi.
Kasi Perencanaan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mistama menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Jumat (15/12). Mistama tidak mengatakan anggaran pembangunan yang mestinya dialokasikan untuk pembangunan jembatan KW 6 di Karangpawitan dilarikan ke daerah lain, tetapi karena memang tidak termasuk ke dalam program prioritas. "Perbaikan jembatan KW 6 pada tahun ini dan di tahun mendatang belum bisa direalisasikan, karena saat ini ada yang menjadi prioritas pembangunan jembatan di wilayah Kecamatan Rengasdengklok," ucap Mistama.
Mistama tidak memungkiri rencana renovasi jembatan KW 6 di Karangpawitan sudah dibahas sejak 2016 lalu, bahkan 2017 ini sempat dikabarkan akan direalisasikan. Tetapi yang terjadi anggaran justru nyangkut di KW 4 Kelurahan Karawang Wetan. Kendati demikian Mistama mengakui perencanaan renovasinya sudah jadi tinggal menunggu alokasi anggarannya saja. "Perencanaan untuk renovasi jembatan di KW 6 Karangpawitan sudah jadi. Hanya uangnya belum kebagian," ucapnya.
Menyikapi tidak terealisasinya kembali renovasi jembatan KW 6 sejumlah komentar pun langsung bermunculan. Dari komentar-komentar yang diungkapkan rata-rata bernada kecewa. Mereka menilai Dinas PUPR mencla mencle dan prioritas programnya tidak logis karena mengabaikan rencana yang sudah tersusun. Apalagi perencanaannya pun sudah jadi dan tinggal menunggu alokasi anggaran pembangunannya.
Warga sendiri sudah bersabar sejak 2016 lalu dan masih harus menunggu setahun (2017) dari rencana yang dikabarkan waktu renovasi jembatan. Namun di tahun 2017 ternyata yang dibangun malah jembatan KW 4 di Kelurahan Karawang Wetan. Karenanya, menyikapi itu, Sekretaris Kelurahan Karangpawitan Edy Sutriadi tidak bisa menyalahkan ungkapan kekecewaan warganya. Apalagi renovasi itu sudah ditunggu sejak tahun 2016.
"Kalau kita bagaimana pemerintah saja yang punya anggaran. Tetapi yang pasti kita sudah mendorong untuk direalisasikan perbaikan jembatan. Kita hanya mendukung keinginan masyarakat," pungkasnya dan menjelaskan upaya yang dilakukan pihak kelurahan dengan mendorong agar perbaikan jembatan KW 6 menjadi prioritas program pembangunan 2018 Dinas PUPR.
Berdasarkan pantauan Radar Karawang, jembatan berukuran lebar 2 meter dan panjang lebih 20 meter itu setiap harinya dilintasi ratusan kendaraan, baik mobil dan motor. Baik yang melintas dari arah Jalan Rubaya maupun Jalan Veteran. Kondisi macet selalu terjadi setiap pagi dan dan sore terutama jam kerja dan pulang kerja karyawan. Untuk mengantisipasi kemacetan saat ini dilakukan secara swadaya oleh warga yang peduli kondisi tersebut. Sementara jumlah warga potensial pengguna jembatan tersebut, mencapai belasan ribu warga. Itu bisa dilihat dari jumlah perumahaan dan pemukiman warga yang tersambung oleh jembatan tersebut. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template