Akses Data Kependudukan Bisa Secara Online - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Akses Data Kependudukan Bisa Secara Online

Akses Data Kependudukan Bisa Secara Online

Written By Admin Raka on Minggu, 24 Desember 2017 | 19.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Data berbasis online mulai diberlakukan di setiap desa, salah satunya adalah Desa Cikampek Pusaka. Untuk memudahkan penginputan data kependudukan, seluruh Kepala Dusun, RT dan RW  di Desa Cikampek Pusaka mengikuti pelatihan atau bimbingan teknis (Bimtek) data kependudukan di Aula desa tersebut. Jumat (22/12)
"Sosilasi data kependudukan yang saat ini dilakukan seperti berbentuk rapor keluarga, nanti data kependudukan di setiap wilayah akan lebih rapih dan akurat serta faktual, karena sudah diinput setiap satu keluarga satu buku KK nantinya," terang Edi, Ketua RT 10 Dusun Cikampek Tua Timur, Desa Cikampek Pusaka, kepada Radar Karawang, usai bimtek.
Edi melanjutkan, meski proses awal sedikit membuat seluruh aparat desa mengalami kebingungan. Namun, saat pelatihan bimtek yang dijelaskan secara detail, memudahkan proses pelaksanaan yang langsung dilakukan ditempat. "Pendataan KK ini, kami langsung isi di desa. Karena langkah-langkah teknisnya ternyata lebih mudah, kami jadi lebih terlihat rapih juga pendataan KK disetiap perkeluarga itu," katanya.
Kasi Ekbang Desa Cikampek Pusaka Heri Susanto menyampaikan, bimtek kependudukan yang dilakukan saat ini, merupakan proses realisasi perencanaan pembangunan desa dan profil desa menuju desa yang mandiri, maju, adil dan makmur. Hal tersebut dalam pendataan kependudukan yang dilakukan proses penginputan data Kartu Keluarga (KK) untuk saat ini dilakukan secara online. "Jadi ditahun 2018 itu, jika kita mencari data penduduk sudah tidak lagi meski bingung mencari satu-satu tinggal masukan saja kode NIK KK nya, langsung muncul identitasnya bisa diakses di webset kependudukan," ujarnya.
Bahkan, kata Heri, saat proses bimtek yang diberikan terhadap seluruh aparatur desa mulai dari RT,RW hingga Dusun dapat cepat terserap dengan baik. Hal itu dengan langsung dilakukannya pendataan melalui pembukuan daftar isian data dasar keluarga disetiap wilayahnya masing-masing. "Alhamdulilah semua RT dan RW sudah mengerti tentang proses daftar isian data dasar keluarga," ujarnya.
Dia berharap, saat terealisasinya pendataan data kependudukan melalui pembukuan secara online, maka yang harus diperhatikan adalah jaringan server yang saat ini menjadi kendala selama ini. "Kendalanya itu saat pengiriman data kependudukan sinyalnya lambat," ujarnya.(ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template