Air di Jalan Pasir Putih Dikuras - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Air di Jalan Pasir Putih Dikuras

Air di Jalan Pasir Putih Dikuras

Written By Admin Raka on Kamis, 14 Desember 2017 | 18.00.00

Pegawai Desa Buat Parit ke Irigasi 

CILAMAYA KULON, RAKA - Aparat Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon kerja bakti membersihkan genangan air di sepanjang jalan poros Pasir Putih. Untuk mengantisipasi air tidak lagi menggenang jika turun hujan, Rabu (13/12) warga juga membuat jalur air dari jalan ke irigasi.
Kades Sukajaya Abdul Ghofur mengatakan dalam dua hari terakhir wilayahnya memang terus menerus diguyur hujan, sehingga jalan poros Pasir Putih yang sudah dalam kondisi rusak parah rata dengan air. "Jalanan menuju Tempat Pelelalngan Ikan (TPI) Sentra Rajungan ini sudah lama rusak dan belum tersentuh perbaikan. Padahal jalur ini merupakan jalur penting perekonomian masyarakat disini," ucap Ghofur.
Masih dikatakan Ghofur panjang kerusakan yang terjadi mencapai kisaran 1 kilometer dan terbagi dalam beberapa ruas. Misalnya, dari kantor desa ke Pasir Putih kerusakannya mencapai 350 meter dan dari Pasirputih ke TPI sekitar 400 meter. Sisanya tersebar di sejumlah titik hingga mencapai lokasi pelelangan. Kondisi tersebut kian diperparah dengan adanya genangan air yang menutupi kerusakan jalan.
Karenanya, genangan air yang mengganggu aktivitas lalulintas tersebut, diupayakan dialirkan ke irigasi dengan membuat semacam parit agar airnya surut cepat. Untuk itu kades mengerahkan perangkat desa tanpa terkecuali Sekdes, Kaur, Kadus, RT, Linmas hingga LPM dan BPD untuk gorol bareng mengurangi debit air di jalanan yang tidak surut-surut. "Aparat desa kerja bakti menyalurkan genangan air ke solokan karena genangan air lama surut setelah diguyur hujan dua hari saja," katanya.
Ghofur menambahkan, jalanan menuju laut Pasirputih sebenarnya perbaikannya sudah dibantu melalui aspirasi DPRD dan PUPR, namun karena panjangnya akses jalan,  kondisinya masih belum total mulus. Akibatnya, jalan hotmik rusak yang sudah puluhan tahun belum disentuh bertambah rusak dan lubang jalannya semakin bertambah. "Celakanya kalau ada pengendara yang belum hapal medan, dia bisa tergelincir. Karena itu harus harus berhati-hati karena bukan saja yang datar, lubang curam yang tergenang juga banyak di beberapa titik," ucap Ghofur.
Untuk itu, Ghofur berharap di musim hujan ini ada pengerasan dan di tahun depan ada realisasi jalanan yang mulus menyambungkan coran yang sudah ada. Apalagi akses ini juga sempat dilalui mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) saat kunjungan ke Pasirputih. "Bagi yang belum hapal medan bahayanya banyak lubang dan kalau tidak berhati-hati bisa terjatuh," pungkasnya.
Manajer TPI Pasirputih Waryono mengatakan akses jalan di Pasirputih penting diperbaiki, karena selain menjadi andalan jual beli rajungan dan tangkapan ikan nelayan menuju daerah lain, juga pengangkutan es balok akan terhambat jika jalanan jelek dan berlubang.  "Harus ada realisasi pembangunan jalan yang tuntas, sehingga perekonomian lancar dan tidak rawan kecelakaan," tandasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template