71 Pembina Pramuka Ikut KMD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 71 Pembina Pramuka Ikut KMD

71 Pembina Pramuka Ikut KMD

Written By Admin Raka on Selasa, 26 Desember 2017 | 14.00.00

Bentuk Pembina Pramuka yang Professional

KOTABARU, RAKA – Sebanyak 71 pembina pramuka yang berasal berbagai Kwartir Ranting (Kwarran) mengikuti kegiatan Kursus Mahir Pramuka Tingkat Dasar (KMD) yang digelar di Kwarran Kotabaru. Kegiatan yang digelar selama satu minggu kedepan itu dimaksudkan untuk mencetak para pembina pramuka yang professional dalam memberikan pendidikan terhadap siswa ditingkat siaga, penggalang dan penegak.
Ketua Kwarran Kotabaru Kamalludin menyampaikan, pelatihan KMD yang saat ini diselenggarakan dilingkungan halaman Kecamatan Kotabaru, merupakan pelatihan pertama kali yang diadakannya. Guna membentuk pembina pramuka yang professional maka diambil tema Pembina Mahir Merupakan Tonggak Kesuksesan Generasi Muda Gerakan Pramuka. "Kegiatan KMD di Kwarran Kotabaru ini merupakan perdana. Sebanyak 71 orang Pembina, terdiri dari wilayah Rengasdengklok 3 orang pembina, Karawang Kota 1 orang dan sisanya dari Kwarran Kotabaru, ikut pelatihan ini sebagai syarat awal untuk menjadi pembina di setiap sekolah nantinya," terang Kamal, kepada Radar Karawang, Senin (25/12).
Selama proses kegiatan tersebut para peserta tidak hanya digembleng dengan berbagai materi kepramukaan. Akan tetapi, berbagai teknik dasar yang menjadi bekal untuk menjadi pembina professional juga diberikan. "Materinya selama 1 minggu ini, para peserta belajar dasar-dasar kepramukaan dan cara mengatur para anggota mulai dari tingkat Siaga, Penggalang dan Penegak, agar lebih efektif," ucapnya.
Dia berharap, agar para peserta tidak hanya puas dengan mengikuti pelatihan di tingkat dasar saja. Akan tetapi, bisa melanjutkan ketingkat Kursus Mahir Lanjutan. "Karena masih banyak lagi tingkatan yang meski dilalui, untuk menjadi pembina yang professional,” ujarnya.
Kepala UPTD Pendidikan Kotabaru Anang Sutarman menambahkan, dengan adanya pelatihan dasar tersebut, tidak hanya mampu mencetak para pembina yang professional. Namun, ini menjadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas para pendidik diwilayahnya tersebut. "Kebetulan juga, kebanyakan para peserta ini, merupakan para calon kepala sekolah di wilayah Kecamatan Kotabaru. Jadi ini sangat bagus mereka mengikuti kegiatan ini," ucapnya.
Sehingga, kata Dia, dengan tersertifikasinya para pembina pramuka yang berstatus guru diberbagai pendidikan tersebut. Mampu mencetak para pelajar di sekolah masing-masing dengan berbagai prestasi. "Ketika para peserta ini sudah memiliki sertifikat pelatihan dasar, maka Sudah pasti akan banyak para pembina pramuka yang professional dengan mampu mentrasnpormasikan keilmuan serta dasar-dasar kepramukaan yang didapatkannya, dengan harapan, bisa mencetak para siswa diwilayah ini jauh lebih baik lagi dalam bidang prestasinya," tandasnya.(ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template